Pulau Punjung (ANTARA) - Kasus pembunuhan yang dilakukan tersangka Sari Isa (42) terhadap suaminya, Thenzeko Nduru, di Afdeling A Perkebunan Sawit PT SAK Muaro Timpeh Nagari Muaro Sopan, Kecamatan Padang Laweh, Sumatera Barat, terungkap.

"Pembunuhan ini dilakukan istri korban sekitar dua bulan lalu atau tepatnya 23 Juni 2019 sekitar pukul 21.00 WIB di rumah KEM Afdeling A PT SAK Mauro Timpeh," kata Kapolres Dharmasraya AKPB Imran Amir didampingi Kasat Reskrim Suyanto saat menjelaskan pengungkapan kasus pembunuhan di Pulau Punjung, Senin.

Terungkapnya kasus pembunuhan itu berawal dari laporan saudara korban, Bazisokhi Nduru atau Yaman, ke Satreskrim Polres Dharmasraya pada 1 September 2019.

"Jadi Saudara Yaman ini mengetahui kalau korban ini dibunuh setelah dihubungi rekannya yang bekerja di PT SAK bernama Samara," ungkap dia.

Baca juga: Istri bunuh suami-anak tiri, awalnya berencana bakar rumah
Baca juga: Pelaku pembunuhan suami dan anak menyewa pembunuh bayaran


Sebelum melakukan pembunuhan, tersangka sempat menerima perlakuan tindakan Kekerasan Rumah Dalam Tangga (KDRT) dari korban ketika pulang dalam keadaan mabuk.

"Jadi malam itu pelaku ini sedang mencuci di kamar mandi, lalu tiba-tiba korban marah-marah saat pulang dan berupaya memukul sehingga tersangka berupaya menghindar dan lari bersama anaknya ke rumah tetangga," ujar dia.

Setelah sempat tenang, kata dia, kejadian itu berlanjut saat tersangka kembali ke rumah dengan niat baik untuk mengajak korban makan bersama.

Namun, korban kembali marah-marah dan mengambil sebilah kapak lalu berupaya menghabisi nyawa istrinya. Dengan perlawanan yang dilakukan, kapak tersebut direbut oleh istri.

"Pada saat itulah, istrinya langsung mengapak suaminya pada bagian kepala dengan alasan membela diri," tegas dia.

Baca juga: Polisi duga suami bunuh istri di Jaktim karena masalah ekonomi
Baca juga: Gadaikan istri, bunuh salah sasaran itu berujung jeruji besi


Setengah jam setelah menghabisi nyawa suaminya, tersangka mengubur korban di belakang rumahnya.

"Penguburan korban dibantu oleh dua anaknya Viktor Nduru (24) dan Pembagi Hati Nduru (20) atas permintaan dari tersangka," ungkap dia.

Tersangka dan barang bukti berupa kapak dengan panjang 50 centimeter, cangkul dan batu telah diamankan di Polres Dharmasraya untuk penyidikan lebih lanjut. Sementara kedua anak tersangka diperiksa sebagai saksi.

Atas perbuatannya pelaku dijerat pasal 338 Jo 56 Ke 1e KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019