Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 75 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Lampung mengikuti Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa (Diksarmenwa) Radin Inten Lampung Angkatan ke-37 di Mako Brimob Polda Lampung.

"Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) angkatan ke-37 ini diikuti oleh seluruh perguruan tinggi yang ada di Lampung," kata Komandan Resimen Mahasiswa (Danmenwa) Radin Inten Lampung, AKBPMuchtar di Bandarlampung, Senin.

Baca juga: MPR harapkan Menwa miliki karakter kebangsaan

Baca juga: Wapres: bela negara bukan hanya saat perang

Baca juga: Rektorat Atmajaya janji sanksi Menwa aniaya Daniel

Baca juga: Unika Atmajaya bekukan Menwa


Dia melanjutkan dalam kegiatan Diksarmil itu terkandung makna bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah harga mati.

"Kegiatan yang menyangkut bangsa dan negara ini juga akan menanamkan pengabdian terhadap bangsa dan negara. Kepada adik-adik kita yang ada di kampus, pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka pengabdian terhadap bangsa dan negara berdasarkan pada ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan," kata dia.

Dia menambahkan bahwa "Widya Castrena Dharma Siddha" adalah semboyan yang diagungkan dalam rangka pengabdian terhadap gerbang ilmiah dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Mahasiswa perguruan tinggi tersebut nantinya akan dibekali dan dititipkan ke Markas Brimob Polda Lampung untuk mendapatkan pendidikan tentang kedisiplinan dan aplikasinya terhadap pengabdian kepada nusa dan bangsa.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu minggu. Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pembina Forkopimda Lampung dalam pelaksanaan kegiatan hari ini. Harapan kami adik-adik yang ada di kampus tolong bersama-sama perhatikan kemudian kita berpikir kepada bangsa dan negara ke depannya," kata dia lagi.

Pewarta: Hisar Sitanggang/Damiri
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019