Makassar (ANTARA) - Empat jamaah haji kelompok terbang (kloter) 27 asal Provinsi Gorontalo pindah pesawat, sehingga total jamaah haji yang pulang hanya 450 orang.

"Empat orang jamaah haji di Kloter 27  pindah ke kloter lain dan dua jamaah lainnya meninggal dunia di Mekah," ujar Wakil Sekretaris PPIH Debarkasi Hasanuddin Makassar, Solihin di Makassar, Sabtu.

Empat jamaah haji yang pindah kloter yakni Abdul Gafur Latjokke yang pindah ke kloter 02, Mohammad Rivai Bukusu pindah ke kloter 07.
Baca juga: Kloter 27 Debarkasi Makassar terbanyak lakukan mutasi

Kemudian Nurhayati Rivai Salim pindah ke kloter 13 dan Nurdin Latif Djafar juga pindah di kloter yang sama dengan Salim yakni ke kloter 13.

Sedangkan dua lainnya yakni Darwin Yantu Hatama meninggal dunia pada 16 Agustus serta Rauda Hulinggi Saini yang meninggal dunia pada 11 Agustus 2019.

Solihin menyatakan jumlah jamaah calon haji (JCH) pada awal pemberangkatan sebulan yang lalu sebanyak 455 orang termasuk tim pendamping haji 5 orang.
Baca juga: Dirjen PHU : kedisiplinan jamaah haji Gorontalo tinggi

Namun setelah sebulan setelah melaksanakan ibadah haji, jumlah jamaah haji yang kembali hanya 450 orang karena empat lainnya pindah kloter, dua meninggal dunia dan satu jamaah masuk ke kloter 27.

"Mutasi keluar empat orang. Mutasi masuk satu orang dan meninggal dunia dua orang. Jadi total keseluruhan yang pulang ke tanah air sebanyak 450 orang termasuk tim pendamping haji," katanya.
Baca juga: JCH Gorontalo dibagi tiga kloter

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019