Bandung (ANTARA) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menunjuk H Oleh Soleh menjadi wakil pimpinan DPRD Provinsi Jawa Barat dan Sidkon Djampi menjadi ketua fraksi periode 2019-2024 berdasarkan surat keputusan nomor 30118/DPP_03/VI/A.1/VII/2019.

Oleh Soleh dan Sidkon Djampi dinilai vokal menyampaikan aspirasi masyarakat dan berani memberikan saran dan kritik kepada pemerintah untuk kemajuan Jawa Barat.

"Benar, kami sudah menerima surat resmi dari dewan pimpinan pusat (DPP),  isinya menetapkan  Oleh Soleh menjadi wakil pimpinan DPRD dan DPW PKB menetapkan Sidkon menjadi ketua fraksi. Pastinya keputusan itu sudah berdasarkan mekanisme dan pertimbangan yang matang," kata Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda, di Bandung, Senin.

Baca juga: Ridwan Kamil ucapkan selamat kepada Anggota DPRD Jabar 2019-2024

Baca juga: M Taufik-Tetep Abdulatip jabat Pimpinan Sementara DPRD Jabar


Huda yang juga akan dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 menindaklanjuti keputusan tersebut dengan memberikan lima tugas berat kepada ketua DPRD dan ketua fraksii PKB

"Wakil pimpinan dan fraksi PKB DPRD Jabar periode 2019-2024, serta anggota DPRD lainnya, diminta bekerja dalam visi dan misi politik keumatan dan kerakyatan yang telah ditetapkan," katanya.

Huda mengatakan lima tugas keumatan dan kerakyatan tersebut yakni pertama fraksi dalam setiap sikap, pandangan dan solusi politiknya harus mendasarkan pada kemaslahatan umat.

"Kedua, fraksi menjadi juru bicara partai dalam semua persoalan umat dan rakyat. Ketiga, fraksi menjadi pusat mengadu dan melayani rakyat," katanya.

Keempat dan kelima,  fraksi menjadi mitra  pemda yang kritis dan produktif. Fraksi juga menjadi laboratorium politik bagi sinergi aksi antara rakyat, partai, pemda untuk menyelesaikan semua masalah.

"Harus vokal menyampaikan aspirasi masyarakat dan berani memberikan saran dan mengkritik pemerintah untuk kemajuan masyarakat Jawa Barat," kata dia.

Baca juga: 120 Anggota DPRD Jabar 2019-2024 resmi dilantik
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019