AZ hajar Sparta Rotterdam 5-1

id az alkmaar,sparta rotterdam,liga belanda

Penyerang AZ Alkmaar Myron Boadu (kedua kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Sparta Rotterdam dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Carl Jeans, Alkmaar, Belanda, Sabtu (14/9/2019) setempat. (ANTARA/Twitter@AZAlkmaar)

Jakarta (ANTARA) - AZ Alkmaar berhasil menghajar tamunya Sparta Rotterdam dengan skor 5-1 dalam laga pekan keenam Liga Belanda di Stadion Cars Jeans, Sabtu setempat (Minggu WIB).

Kendati Sparta unggul lebih dulu berkat gol Abdoulrahmane Harroui, AZ bangkit menang telak berkat dwigol Oussama Idrissi dan Myron Boadu dilengkapi eksekusi penalti Teun Koopmeiners, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: AZ Alkmaar lengkapi Trio Belanda melenggang ke fase grup Liga Europa

Kemenangan itu mengangkat posisi AZ naik ke peringkat keempat klasemen dengan koleksi 10 poin dengan masih punya satu laga simpanan yang belum dijalani, sementara Sparta (8) harus rela turun ke urutan kedelapan.

Publik tuan rumah dikejutkan lewat gol cepat Sparta yang dicetak Harroui dengan tembakan spekulasi jarak jauh pada saat pertandingan baru berjalan dua menit.

Namun AZ tak membiarkan gol itu mempengaruhi mental mereka dan hanya dua menit berselang, Idrissi berhasil mencetak gol untuk menyamakan kedudukan dalam situasi sepak pojok.

Lantas pada menit ke-16, sebuah serangan cepat berhasil diakhiri oleh umpan Calvin Stengs yang diselesaikan dengan baik oleh Boadu untuk membawa AZ berbalik memimpin 2-1.

Keunggulan itu bertambah, kala umpan silang Stengs berhasil disambut tandukan jarak dekat oleh Boadu untuk mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Gol itu kian membesarkan kepercayaan diri AZ yang menutup babak pertama dengan keunggulan 4-1 setelah Idrissi mencetak gol ke duanya tepat pada menit ke-45.

Keunggulan itu tak mengendurkan daya serang AZ dan sebaliknya Sparta berusaha mencuri gol lagi namun dua peluang beruntun Lars Veldwijk berhasil dimentahkan kiper Marco Bizot pada menit ke-75.

Lima menit kemudian, Dante Rigo justru melakukan pelanggaran terhadap Fredrik Midstjo yang berbuah tendangan penalti untuk AZ.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Koopmeiners yang memastikan kemenangan AZ menjadi 5-1.

Kemenangan itu sekaligus jadi suntikan moral yang baik bagi AZ yang akan memulai kiprahnya di fase penyisihan Grup Liga Europa tengah pekan nanti.

Baca juga: Ajax menang 4-1 atas Heerenveen

Susunan pemain:

AZ Alkmaar (4-3-3): Marco Bizot; Jonas Svensson, Ron Vlaar (Pantelis Hatzidiakos), Stijn Wuytens, Owen Wijndal; Fredrik Midstjo, Dani de Wit, Teun Koopmeiners; Calvin Stengs (Jordy Clasie), Myron Boadu (Yukinari Sugawara), Oussama Idrissi
Pelatih Arne Slot

Sparta Rotterdam (4-1-2-1-2): Tim Coremans; Khalid Karami, Bart Vriends, Juergen Mattheij, Dirk Abels; Laros Duarte (Ragnar Ache); Abdoulrahmane Harroui, Dante Rigo; Bryan Smeets; Ibrahim Dervisglu (Lars Veldwijk), Mohamed Rayhi (Deroy Duarte)
Pelatih: Henk Fraser

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar