Donyell Malen borong lima gol kala PSV gasak Vitesse 5-0

id donyell malen,psv,liga belanda,vitesse

Penyerang muda PSV Eindhoven Donyell Malen melakukan selebrasi atas salah satu golnya ke gawang Vitesse Arnhem dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Philips, Eindhoven, Belanda, Sabtu (14/9/2019) setempat. (ANTARA/Twitter@PSV)

Jakarta (ANTARA) - Donyell Malen memborong lima gol langsung kala PSV Eindhoven menggasak Vitesse Arnhem 5-0 dalam laga pekan keenam Liga Belanda di Stadion Philips, Eindhoven, Sabtu setempat (Minggu WIB).

Dua dari lima gol tersebut dicetak oleh penyerang berusia 20 tahun itu dari titik putih pada 10 menit terakhir pertandingan, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: Feyenoord dan PSV menang, AZ terjengkang

Kelima gol tersebut melontarkan posisi Malen di pucuk daftar top skor sementara Liga Belanda dengan koleksi total enam gol.

Selain itu, PSV kini merangsek naik ke posisi kedua klasemen dengan koleksi 13 poin, menggusur Vitesse (11) ke urutan ketiga.

Setelah 18 menit laga berjalan, Malen membuka pesta gol PSV dengan tembakan kaki kanannya menyambut umpan Bruma.

Lantas ia mencetak gol menggunakan kepalanya, menyundul sepak pojok Mohamed Ihattaren pada menit ke-36 untuk menggandakan keunggulan PSV yang bertahan hingga turun minum.

Baru semenit sepak lanjut dilakukan, Malen melengkapi raihan trigol saat menanduk bola muntah hasil tembakannya sendiri yang gagal diantisipasi sempurna oleh kiper Remko Pasveer.

Tak puas dengan trigol, Malen menambahkannya menjadi caturgol pada menit ke-83 ketika diberi kepercayaan mengeksekusi penalti seusai Cody Gakpo dilanggar Julian Lelieveld di dalam area terlarang.

Pada menit ke-85, insiden kembali terjadi di dalam kotak penalti Vitesse dengan dugaan tangan Riechedly Bazoer menyentuh bola. Usai berkonsultasi dengan VAR wasit Pol van Boekel kembali menunjuk titik putih.

Malen kembali dipercaya menjadi algojo dan dengan dingin melesakkan tendangan ke tengah gawang untuk mentransformasi caturgolnya menjadi pancagol, sekaligus memastikan kemenangan 5-0 bagi PSV.

Hasil itu tentu menjadi penyuntik kepercayaan diri bagi Malen dan PSV yang akan mulai melakoni laga penyisihan grup di Liga Europa pada tengah pekan nanti.

Baca juga: Ajax menang 4-1 atas Heerenveen

Baca juga: AZ hajar Sparta Rotterdam 5-1


Susunan pemain:

PSV Eindhoven (4-3-3): Jeroen Zoet; Denzel Dumfries, Timo Baumgartl, Nick Viergever, Olivier Boscagli; Pablo Rosario, Mohammed Ihattaren (Kostas Mitroglou), Jorrit Hendrix; Bruma (Ritsu Doan), Steven Bergwijn (Cody Gakpo)
Pelatih: Mark van Bommel

Vitesse Arnhem (4-4-2): Remko Pasveer; Julian Lelieveld, Danilho Doekhi, Armando Obispo, Max Clark; Oussama Tannane, Riechedly Bazoer, Matus Bero, Jay-Roy Grot (Nouha Dicko); Tim Matavz (Thomas Buitink), Bryan Linssen
Pelatih: Leonid Slutsky

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar