Tipe Polres Banyumas ditingkatkan menjadi Polresta Banyumas

id tipe polres banyumas,polresta banyumas,sertijab wakapolres banyumas

Komisaris Polisi Heru Budiharto saat menandatangani berita acara serah terima jabatan Wakapolres Banyumas dengan disaksikan Kapolres Banyumas Ajun Komisaris Besar Bambang Yudhantara Salamun di halaman Markas Polres Banyumas, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (25/9/2019). (ANTARA/Sumarwoto)

Purwokerto (ANTARA) - Tipe Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah, ditingkatkan menjadi Kepolisian Resor Kota Banyumas, kata Kepala Polres Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Yudhantara Salamun.

"Sesuai dengan surat yang sudah diterima dari Pak Menpan RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, red.), sudah menandatangani surat keputusan bahwa Polres Banyumas ini naik tipe menjadi Polresta, penyebutannya nanti adalah Polresta Banyumas," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu.

Kapolres mengatakan hal itu kepada wartawan usai Upacara Serah Terima Jabatan dan Pengambilan Sumpah Wakapolres, Kasat Lantas, Kapolsek Kembaran, dan Kapolsek Lumbir di halaman Markas Polres Banyumas.

Baca juga: Mahasiswa se-Banyumas demo tolak UU KPK hasil revisi dan RUU KUHP

Dengan adanya peningkatan tipe tersebut, kata dia, Kepala Polresta Banyumas nantinya akan dijabat oleh pejabat berpangkat Komisaris Besar Polisi.

"Teknis pelaksanaannya tinggal menunggu saja dari Pak Kapolri (Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian, red.), penunjukan pejabatnya. Apabila sudah ditunjuk, nanti berarti tinggal langsung pelaksanaannya," katanya.

Selain dipimpin pejabat berpangkat Komisaris Besar Polisi, kata dia, dengan perubahan tipe tersebut nantinya akan ada beberapa perubahan struktur.

Dalam hal ini, dia mencontohkan pejabat-pejabat Kepala Satuan yang semula berpangkat Ajun Komisaris Polisi nantinya akan dijabat oleh pejabat berpangkat Komisaris Polisi.

Demikian pula dengan Wakapolres Banyumas yang semula dijabat oleh seorang berpangkat Komisaris Polisi, dengan adanya perubahan tipe tersebut akan dijabat oleh pejabat berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi.

"Perubahannya di situ, tetapi untuk selebihnya tetap sama dan Insya Allah pelayanan ke masyarakat akan lebih baik," katanya.

Dia mengatakan jika melihat waktu dan dinamika yang ada, perubahan tipe tersebut diperkirakan akan dilaksanakan secara efektif sekitar bulan Oktober-November 2019.

Terkait dengan serah terima jabatan Wakapolres Banyumas dan sejumlah pejabat lainnya, Kapolres mengatakan berdasarkan perintah dari Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, ada beberapa pejabat Polres Banyumas yang mendapatkan promosi jabatan.

"Ini merupakan suatu hal yang biasa di Kepolisian, mutasi, penyegaran, sehingga diharapkan bisa menyesuaikan dengan kegiatan-kegiatan masyarakat, dalam pelaksanaan kegiatannya bisa maksimal. Mudah-mudahan kita bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, sehingga dalam pelaksanaan kegiatannya dibutuhkan penyegaran-penyegaran," katanya.

Dalam hal ini, jabatan Wakapolres Banyumas diserahterimakan dari Komisaris Polisi Heru Budiharto yang selanjutnya menempati jabatan baru sebagai Wakapolres Tegal, Polda Jateng, kepada Komisaris Polisi Davis Busin Siswara yang sebelumnya menjabat Wakapolres Tegal Kota.

Jabatan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Banyumas diserahkanterimakan dari Ajun Komisaris Polsi Himawan Aji Angga yang akan menempati jabatan sebagai Perwira Pertama Kepolisian Resor Kota Besar Semarang kepada Ajun Komisaris Polisi Dodiawan yang sebelumnya menjabat Perwira Pertama Polda Jateng.

Jabatan Kepala Kepolisian Sektor Kembaran, Polres Banyumas, diserahterimakan dari Ajun Komisaris Polisi Sumpening yang selanjutnya akan menjabat Kasat Lantas Polres Magelang Kota kepada Ajun Komisaris Polisi Sukiyah yang sebelumnya menjabat Kepala Subbagian Humas Polres Banyumas.

Selain itu, Kepala Subbagian Hukum Polres Banyumas Inspektur Polisi Satu Sudiyono mendapatkan promosi jabatan sebagai Kapolsek Lumbir, Polres Banyumas.

Baca juga: DPRD Banyumas dukung perjuangan mahasiswa tolak RUU KUHP
Baca juga: KPK RI bekali anggota DPRD Kabupaten Banyumas dengan materi tipikor
Baca juga: Dandim: Karhutla lereng Gunung Slamet merambat ke wilayah Banyumas

Pewarta : Sumarwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar