Dinkes Aceh Barat sosialisasikan penggunaan masker untuk pelajar

id Berita Aceh Terkini,Kabut Asap,Cara Pakai Masker Yang Benar,Fungsi Masker Saat Kabut Asap,Dinas Kesehatan Aceh Barat,Karhutla,Aceh Barat

Kepala Puskesmas Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Nur memeragakan cara pengguna masker dihadapan ratusan pelajar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Meulaboh terkait penggunaan masker secara benar dan tidak terpapar kabut asap, Rabu (25/9/2019). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Meulaboh (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat melalui Puskesmas Johan Pahlawan, melakukan sosialisasi penggunaan masker kepada ratusan pelajar di Madrasah Tsanwiyah Negeri (MTsN) 3 Meulaboh, Rabu (25/9).

Sosialisasi ini dipimpin Kepala Puskesmas Johan Pahlawan, Syarifah Nur dengan cara memperagakan secara langsung di hadapan pelajar terkait bagian masker yang harus dipakai.

"Edukasi ini penting kita lakukan agar kalangan milenial khususnya pelajar, dapat mengetahui secara benar terkait fungsi penggunaan masker pada masing-masing bagian," kata Syarifah Nur di Meulaboh, Rabu  .

Ia menjelaskan, dalam sebuah masker terdapat dua sisi warna yang berbeda dan masing-masing bagian memiliki fungsi tersendiri bagi si pengguna atau pemakai.

Di antaranya, misalnya pengguna masker sedang mengalami flu atau batuk, maka pemakai masker menggunakan masker yang warna putih di bagian dalam wajah. Hal ini diharapkan dapat menyaring partikel mikro-organisme dari dalam tubuh seseorang sehingga tidak menjangkiti orang lain di sekitar si penderita.

Baca juga: Belum ada warga di Aceh Barat terkena ISPA dampak kabut asap

Sedangkan fungsi masker berwarna hijau muda di bagian dalam (bagian wajah) dan bagian putih di bagian luar, hal ini berfungsi menyaring partikel dari bagian luar, sehingga tidak terhirup oleh si pemakai.

"Karena itu agar terhindar dari paparan kabut asap, sebaiknya untuk mencegah kabut asap, maka bagian putih masker berwarna putih agar dipakaikan di bagian luar. Namun kalau yang sedang flu atau batuk, bagian putih di masker bisa dipakaikan di bagian dalam," kata Syarifah Nur menambahkan.
Petugas medis dari Puskesmas Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, membagikan masker kepada ratusan pelajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Aceh Barat, guna mencegah dampak kabut asap di sekolah, Rabu (25/9/2019). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah mengatakan guna mencegah terpapar kabut asap, pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 15.000 lembar masker untuk dibagikan kepada masyarakat.

Belasan ribu masker tersebut khusus dibagikan kepada warga yang akan berobat di setiap puskesmas dan sebagian besar masker dibagikan kepada pengguna jalan, pelajar serta masyarakat luas.

Baca juga: Nelayan di Aceh diimbau persingkat waktu melaut selama kabut asap
Baca juga: Wings Air kembalikan tiket calon penumpang akibat kabut asap

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar