Pemkab Garut siapkan akses menuju gerbang Tol Cigatas

id Bupati Garut, tol cigatas, garut, jabar

Arus lalu-lintas di Jalur Selatan Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (22/1/2019). Untuk mengurai kemacetan dan kepadatan arus lalulintas kendaraan yang melintas dijalur selatan, Pemerintah melalui Kementeriaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), membangun proyek pembangunan jalan tol Cileunyi, Garut, Tasik (Cigatas) yang akan mulai ditenderkan di awal 2019 dengan mengalokasikan dana investasi sebesar Rp 110,7 triliun. ANTARA JABAR/Adeng Bustomi/agr.

Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, siap menunjang akses jalan untuk menuju dua gerbang tol yang akan dibuat pada pembangunan Jalan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) untuk kelancaran akses masyarakat dalam beraktivitas di jalur darat.

"Kami sudah siap dengan keberadaan tol, Pemkab Garut akan mempersiapkan jalur menuju tol," kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Jumat.

Ia menuturkan, pembangunan Jalan Tol Cigatas yang melintas dari Cileunyi, Kabupaten Bandung menuju timur arah Tasikmalaya itu sedang dalam pembahasan di tingkat Pemerintah Provinsi Jabar dan pusat.

Jalan tol tersebut, kata dia, melewati wilayah pinggiran dan perkotaan Garut yang rencananya akan dibangun dua gerbang keluar masuk jalan tol di Garut.

"Kalau dua gerbang tol itu ada sangat membantu kelancaran akses ke Garut," katanya.

Baca juga: Kementerian minta pembangunan Tol Cigatas arah Garut ditelaah ulang
Baca juga: Jasa Marga ungkap perubahan rute tol Cigatas


Ia menyampaikan, Pemkab Garut termasuk masyarakatnya sudah siap menyambut pembangunan tol lintas kota itu, karena akan memberikan dampak positif, di antaranya menumbuhkan perekonomian Garut.

Ia mengungkapkan syukur karena Garut mendapatkan jatah dua pembangunan gerbang tol, meski keinginan sebelumnya bisa memiliki tiga gerbang tol.

Rencananya, kata dia, dua gerbang tol itu akan dibangun sekitar Kecamatan Banyuresmi, sedangkan gerbang tol kedua akan dibangun di wilayah kota yakni sekitar Cimaragas dan Cilawu.

"Untuk gerbang tol di kota sekitar Cimaragas, Cilawu, pokoknya masih daerah kota," katanya.

Sebelumnya, pemerintah pusat telah merencanakan pembangunan jalan tol di Jabar, salah satunya Tol Cigatas yang program berikutnya tidak hanya sampai Tasikmalaya, tetapi akan menembus wilayah Jawa Tengah.

Baca juga: Presiden "hadiahkan" Tol Cigatas kepada masyarakat Garut-Tasik
Baca juga: Pemprov Jabar tetapkan lokasi proyek Tol Cigatas

Pewarta : Feri Purnama
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar