Tujuh lokasi otoped listrik GrabWheels di Jabodetabek

id Otoped listrik, skuter listrik, transportasi jarak dekat, GrabWheels, grab

Pengguna layanan otoped listrik (skuter listrik) manfaatkan akhir pekan mengendarai transportasi jarak dekat di Bundara HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

Jakarta (ANTARA) - Layanan transportasi jarak dekat otoped listrik atau skuter listrik kini kian digandrungi warga Ibu Kota Jakarta.

Salah satu penyedia layanannya, yakni GrabWheels milik perusahaan aplikasi online to offline Grab. Kini telah tersedia layanan di tujuh wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

CEO GrabWheels TJ Tham dalam keterangan tertulisnya kepada ANTARA di Jakarta Minggu, mengatakan, saat ini pengguna dapat menemukan GrabWheels di The Breeze BSD City, Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Bintaro Exchange.

"Juga ada di Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI), Lippo Village dan beberapa lokasi lainnya di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat," kata Tham.

Baca juga: Penggunaan skuter listrik semakin diminati di Jakarta

GrabWheels diluncurkan sebagai proyek uji coba pada 9 Mei 2019 di BSD City, Tenggerang, sebagai solusi personal mobility device, transportasi personal jarak dekat dengan biaya terjangkau.

Peluncuran ini kemudian diikuti dengan peluncuran di berbagai lokasi di Jabodetabek.

"Grab akan terus mengembangkan inovasi ini ke beberapa titik lainnya termasuk kota-kota lainnya di luar Jabodetabek untuk memberikan peningkatan mobilitas dengan inovasi baru yang ditawarkan bagi para pengguna," kata Tham.

Saat ini ada lebih dari 1.000 otoped listrik yang tersedia bagi pengguna dan akan terus bertambah.

Jumlah e-scooter yang ada di setiap titik parkir berbeda-beda. "Kami menyesuaikan jumlah tersebut dengan mengamati perilaku dan permintaan dari pengguna dimana GrabWheels berada," katanya.

Baca juga: Pengamat transportasi: Skuter listrik wajib diuji Kemenhub

Keberadaan transportasi jarak dekat ini mulai diminati oleh warga perkotaan, dilihat dari animo masyarakat yang menggunakannya terutama saat akhir pekan.

Untuk menggunakannya, pengguna harus memiliki aplikasi Grab. Lalu pengguna bisa menemukan pilihan GrabWheels di pilihan eScooter (skuter listrik).

Pengguna dapat melihat sebuah peta yang menunjukkan lokasi GrabWheels di lokasi tersebut. Kunjungi lokasi parkir tersebut, kemudian scan barcode yang ada di tempat parkir untuk membuka kunci salah satu e-scooter.

Pastinya, sebelum mulai berkendara, pahami aturan keamanan dan keselamatan yang muncul serta menggunakan helm. Tarif GrabWheels saat ini adalah mulai dari Rp 5.000 per 30 menit yang dapat dibayarkan secara cashless dengan OVO.

GrabWheels merupakan moda transportasi inovatif yang mudah digunakan dan ramah lingkungan. "Khususnya untuk transportasi jarak dekat," kata Tham.

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar