Lubukbasung,  (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menerapkan pendaftaran daring atau secara online kepada pasien saat mengambil antrean untuk berobat ke rumah sakit itu dalam mengurangi antrean cukup panjang.

Direktur RSUD Lubukbasung, Syahrizal Antoni di Lubukbasung, Senin, mengatakan inovasi ini diluncurkan semenjak awal September 2019 dan pasien bisa membuka di smartphone dengan mengetik Pendaftaran Online RSUD Lubukbasung atau website htt://rsud.agamkab.go.id/id.

Setelah itu akan tampil nomor rekam medis, tanggal lahir, poli yang dituju, dokter yang sesuai jadwal dan lainnya. "Pasien hanya mengisi tampilan halaman itu dan saat pendaftaran ulang, pasien melihatkan bukti pendaftaran tersebut," katanya.

Baca juga: RS Tabanan telah terapkan pendaftaran pasien secara online

Ia mengatakan, pendaftaran secara online ini hanya berlaku untuk pasien lama, pendaftaran online dilakukan satu hari sebelum jadwal poliklinik dengan batas waktu pendaftaran sampai pukul 18.00 WIB.

Pendaftaran online itu, tambahnya, khusus untuk pelayanan pasien rawat jalan dan tidak melayani pasien IGD dan rawat inap. "Bagi pasien IGD dan rawat inap langsung dilayani tim medis di IGD," katanya.

Saat ini, sekitar puluhan pasien yang telah memanfaatkan inovasi tersebut dan pihaknya akan menyosialisasikan kepada masyarakat luas melalui selebaran, secara lisan dan lainnya.

Inovasi itu dalam rangka mengurangi antrian cukup panjang untuk berobat ke poli dalam meningkatkan pelayanan kepada pasien.

"Pelayanan ini prosesnya sangat mudah, cepat dan efisien," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya membenahi seluruh pelayanan di IGD dengan cara membenahi ruangan, mendekatkan farmasi dan lainnya.

"Ini fokus kita pada 2019, bagaimana IGD sesuai dengan standar dan pembenahan itu ditargetkan tuntas pada Desember 2019, sehingga pada tahun depan kita fokus ke rawat inap dan pelayanan lainnya," katanya.

Baca juga: 485 rumah sakit sudah buka pendaftaran online pasien BPJS

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019