Pengerukan kali di Jakarta Barat ditargetkan selesai akhir Oktober

id Kali maja, kali maja, pengerukan kali, jakarta barat

Warga Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres Jakarta Barat memanfaatkan air Kali Maja yang kurang bersih untuk mencuci pakaian akibat kekeringan air sumur pada musim kemarau, beberapa waktu lalu. ANTARA/Devi Nindy

Jakarta (ANTARA) - Pengerukan kali yang mengalami pendangkalan di Jakarta Barat jelang musim penghujan ditargetkan selesai pada akhir Oktober.

"Akan selesai akhir Oktober ini, untuk antisipasi musim penghujan," ujar Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat Purwanti di Jakarta, Jumat.

Baca juga: 15 tahun warga Pegadungan krisis air bersih, kata Ketua RW

Purwanti menjelaskan pengerukan kali di Jakarta Barat sudah dilakukan sejak Agustus.

Kali yang sudah dilakukan pengerukan di antaranya Kali Maja Kalideres, Kali BCT Cengkareng, dan anak Kali Ciliwung sekmen Mangga Besar.

Baca juga: Pemkot Jakbar pasang tandon atasi krisis air dan kekeringan

Purwanti menjelaskan pihaknya juga melaksanakan kegiatan rutin seperti pengurasan saluran air di seluruh kecamatan, pembersihan tali-tali air, juga pembuatan sumur resapan.

"Disamping itu juga kita melakukan pemeliharaan pompa-pompa supaya waktu musim hujan datang kondisinya fit semua," ujar dia melanjutkan.

Baca juga: Kali Maja surut, warga terdampak kekeringan dan krisis air bersih

Pengerukan di Kali Maja menggunakan dua alat berat ekskavator dan enam truk angkut, sama dengan yang dilakukan di Kali BCT Cengkareng.

Sedangkan untuk pendangkalan di anak Kali Ciliwung Mangga Besar menggunakan satu alat berat ekskavator dan 4 truk angkut.

Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar