Jakarta (ANTARA) - Newcastle United sukses membungkam tamunya Manchester United dengan skor 1-0 dalam laga pekan kedelapan Liga Inggris di Stadion St. James Park, Minggu setempat yang sekaligus membuat mereka meninggalkan zona merah.

Gol satu-satunya yang dicetak tim asuhan manajer Steve Bruce ini oleh Matthew Longstaff di menit ke-72 usai menerima umpan dari Jetro Willems, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan Newcastlet membuat mereka ke posisi ke-16 dengan torehan delapan poin, sekaligus memupus tren empat laga tanpa kemenangan. Sementara MU (9) kian terpuruk dari statusnya sebagai Big Six dan kini menempati peringkat ke-12.

Baca juga: Hasil Liga Inggris: Liverpool sementara unggul delapan poin di puncak

Newcastle langsung membuat inisiatif serangan pada menit-menit awal melalui Miguel Almiron, namun pergerakanya bisa di blok Ashley Young. Tak lama berselang giliran Fabian Schar yang mengancam gawang David De Gea.

Newcastle memiliki peluang emas pada menit ke-28. Longstaff melepaskan tembakan ke sisi atas gawang, sayang bola mengenai mistar.

Tanpa diperkuat Paul Pogba di lini tengah, membuat para pemain MU kesulitan berkembang. Pergerakan mereka sulit untuk bisa menembus pertahanan The Migpies yang dikomandoi Schar.

MU baru menciptakan peluang berbahaya pada menit ke-42 melalui sepakan Andreas Pereira. Martin Dubravka yang mengawal gawang Newcastle mampu melakukan penyelamatan gemilang. Babak pertama imbang 0-0.

Pada babak kedua, Newcastle tidak mengendurkan serangan. Mereka langsung menggempur pertahanan MU melalui sepakan Almiron.

Tak ingin kembali telan kekalahan, Steve Bruce kemudian memasukan Andy Carrol guna menambah daya dobrak. Tak lama setelah merumput, mantan pemain Liverpool itu menciptakan peluang berbahaya melalui sundulan.

Gol yang ditunggu-tunggu publik St. James Park baru hadir di menit 72. Usai menerima umpan dari Willems, Longstaff melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang tak mampu dihalau De Gea. Hingga akhir pertandingan skor 1-0 untuk kemenangan Newcastle.

Baca juga: Man City dikejutkan Wolverhampton, kalah 0-2 di kandang sendiri

Baca juga: Arsenal merangsek ke posisi ketiga usai kalahkan Bournemouth

Baca juga: Chelsea menang mudah di kandang Southampton


Susunan Pemain:

Newcastle United (5-4-1): Martin Dubravka; Deandre Yedlin, Jamaal Lascelles, Fabian Schar, Ciaran Clark, Jetro Willems; Miguel Almiron (Emil Krafth), Matthew Longstaff, Sean Longstaff, Allan Saint-Maximin (Christian Atsu); Joelinton (Andy Carrol)
Pelatih: Steve Bruce

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Diogo Dalot (Marcos Rojo), Harry Maguire, Axel Tuanzebe, Ashley Young (Tahith Chong); Scott McTominay, Fred, Daniel James, Juan Mata (Mason Greenwood), Andreas Perreira; Marcus Rashford
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019