Washington (ANTARA) - Mantan Presiden AS Barack Obama, Rabu (16/10), menyampaikan dukungannya buat Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang menghadapi persaingan ketat untuk terpilih kembali pada pemilu pekan depan.

"Saya bangga bekerja dengan Justin Trudeau sebagai Presiden," cuit Obama di Twitter. "Ia pekerja keras sekaligus pemimpin tangguh yang mengemban isu besar seperti perubahan iklim. Dunia membutuhkan kepemimpinan progresifnya saat ini, dan saya harap tetangga kami di utara mendukungnya untuk masa jabatan kedua."

Dua pemimpin progresif itu mengukir persahabatan erat, yang tetap menjadi topik populer di media sosial sejak Obama, seorang Demokrat, meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2017. Keduanya terlihat makan malam bersama di sebuah restoran di Ottawa awal tahun ini.

"Terima kasih kawanku," balas Trudeau di Twitter. "Kami sedang berupaya keras menjaga progres kami."

Trudeau merupakan perdana menteri Kanada pertama yang mendapatkan kehormatan makan malam dari Amerika Serikat dalam hampir dua dekade. Saat itu Obama mengundang Trudeau beserta istri untuk datang ke Washington pada Maret 2016, setelah Trudeau memenangkan kekuasaan pada Oktober lalu.

Trudeau menjalin hubungan yang berliku dengan penerus Obama dari Partai Republik, Donald Trump.

Itu bukan pertama kalinya Obama menyampaikan dukungan buat pemimpin asing. Ia juga pernah menyuarakan dukungannya kepada Emmanuel Macron menjelang pemilihan presiden Prancis 2017.

Kedutaan Besar AS di Ottawa menolak mengomentari hal itu dengan berdalih bahwa Obama adalah seorang warga negara biasa.

Sumber: Reuters

Baca juga: Barack Obama beri penghormatan untuk Nipsey Hussle

Baca juga: Barack dan Michelle Obama bekerjasama dengan Netflix

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019