Kerapu yang diekspor adalah kerapu jenis macan, kerapu cantik, kerapu sunu dan kerapu bebek dengan berat satu sampai dua kilogram per ekor
Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Dinas Perikanan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat sebanyak 75 ton ikan kerapu asal daerah itu diekspor ke Hong Kong yang meningkatkan pendapatan pembudidaya ikan tersebut.

"Tercatat sejak awal 2019 hingga saat ini, sudah lima kali kami melakukan ekspor dengan jumlah satu kali pengiriman sebanyak 15 ton, jadi total ikan jenis kerapu yang berhasil diekspor ke Hong Kong sebanyak 75 ton," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung, Firdaus Zamri di Tanjung Pandan, Sabtu.

Baca juga: Ikan patin hasil budidaya UMKM Kampar rambah pasar China

Ia mengatakan sejauh ini Hongkong merupakan negara tujuan utama ekspor ikan kerapu dari Belitung, karena permintaan dari Hong Kong cukup tinggi dan di sana terdapat pembeli dalam skala besar.

Dia mengatakan Belitung mulai mengekspor ikan kerapu ke Hong Kong sejak tahun 2015 kemudian pada tahun 2016 sempat menurun karena ada kebijakan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Saat ini kegiatan ekspor ikan kerapu ke Hong Kong kembali berjalan normal dan bertahan walaupun daerah lain seperti Sibolga, Padang dan Kepulauan Riau sudah anjlok," katanya.

Ia menjelaskan Hong Kong sangat memperhatikan kualitas ikan kerapu yang diterimanya baik dari jenis dan kualitasnya, sehingga para pembudidaya diharapkan terus memperhatikan hal tersebut.

Baca juga: Perbankan mulai lirik pembiayaan ekspor ikan kerapu di Sumatera Barat

"Kerapu yang diekspor adalah kerapu jenis macan, kerapu cantik, kerapu sunu dan kerapu bebek dengan berat satu sampai dua kilogram per ekor," katanya.

Data di Dinas Perikanan Belitung mencatat terdapat 152 pembudidaya ikan kerapu di daerah itu melalui Keramba Jaring Apung (KJA) yang tersebar di Kecamatan Membalong dan Selat Nasik.

Sedangkan untuk harga ekspor ikan kerapu jenis macan dan cantik yakni Rp105 ribu sampai Rp110 ribu per kilogram kemudian kerapu sunu seharga Rp180.000 sampai Rp200.000 per kilogramnya.

"Kami mencoba terus membuka pasar baru bagi ekspor ikan kerapu selain Hong Kong di mana sekarang ini sudah bisa dilakukan ekspor langsung dari Belitung," ujarnya.

Baca juga: TNC gelar pertemuan selamatkan kelangsungan ikan kakap dan kerapu

 

Pewarta: Kasmono
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019