Warga Jakarta Utara diajak peduli lingkungan

id kampung akuarium

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Widjatmoko menghadiri kegiatan Festival Kampung Akuairum di Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (20/10/2019). (ANTARA/HO/Humas Pemkot Jakarta Utara)

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Sigit Widjatmoko mengajak warga di wilayahnya untuk bersama-sama peduli lingkungan dengan mengurangi penggunaan sampah plastik.

"Bagaimana kita mencintai lingkungan dan menciptakan produk-produk dengan wadah, hingga tampilannya semuanya ramah lingkungan," kata Sigit saat menghadiri Festival Kampung Akuairum di Jakarta Utara, Minggu.

Sigit memberikan apresiasi untuk festival yang digelar sehari, 20 Oktober 2019 itu yang diinisiasi Relawan Kanopea dan Rujak Center for Urban Study.

Baca juga: Festival Kampung Akuarium ajak warga kurangi penggunaan plastik

Festival Kampung Akuairum merupakan puncak dari sembilan minggu warga diberikan pendidikan mengenai lingkungan dan pemberdayaan kewirausahaan.

Kata Sigit, dengan festival itu diharapkan masyarakat terus dapat menjaga lingkungan sekaligus menyosialisasikan ilmu yang didapatkan ke seluruh penjuru Jakarta Utara.

"Jangan berhenti sampai Festival saja. Tetapi harus terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam menjaga kepedulian kebersihan lingkungan," harap Sigit.

Baca juga: Warga nantikan janji kampanye Anies di Kampung Akuarium

Dengan semangat yang dimiliki, menurut Sigit bukanlah keniscayaan jika kebaikan lainnya secara otomatis akan menyusul untuk memayungi masyarakat di Kampung Akuarium.

"Kampung Akuarium bisa dijadikan contoh buat kampung-kampung lainnya di Jakarta, khususnya di wilayah Jakarta Utara," ujar Sigit.

Pada puncak festival itu anak-anak hingga orang tua menampilkan kemampuannya untuk menghibur pengunjung yang datang.

Baca juga: Kampung Akuarium, pemukiman di bekas laboratorium Teluk Jakarta

Festival sehari itu menghadirkan sejumlah gerai yang menampilkan permainan pendidikan lingkungan yang interaktif, pasar jajanan makanan kreasi ibu-ibu Kampung Akuarium yang akan dijual dengan harga terjangkau dan tidak menggunakan kemasan plastik.

Pewarta : Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar