Ronald Koeman miliki klausul khusus untuk gabung Barca kapan saja

id Ronald Koeman,Barcelona,Timnas Belanda,Liga Spanyol,La Liga

Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman saat konfrensi pers sebelum pertandingan Kualifikasi Piala Eropa di Dinamo Stadium, Minsk, Belarusia pada 12 Oktober 2019.(REUTERS/VASILY FEDOSENKO)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman memiliki sebuah klausul khusus dalam kontraknya, yang memungkinkan ia pindah ke Barcelona bila memang klub Katalunya itu melakukan pendekatan.

Meski begitu kepala federasi sepak bola negeri kincir angin itu berharap untuk membujuk Koeman agar tetap bertahan sampai Piala Dunia 2022.

Koeman pernah bermain bersama Barcelona dan mencatatkan 264 penampilan dalam enam musim di Camp Nou selama kariernya sebagai seorang pemain.

Ia memenangkan 10 trofi di periode tersebut, termasuk mencetak gol kemenangan melawan Sampdoria di final Piala Eropa 1992 di Wembley.

Tak lama setelah pensiun, pelatih berusia 56 tahun itu menghabiskan dua tahun sebagai asisten di Barca untuk pelatih Louis van Gaal antara 1998 sampai 2000, tetapi tidak merahasiakan keinginannya untuk kembali ke klub sebagai pelatih suatu hari nanti.

Koeman sejauh ini sudah melatih beberapa klub Eropa seperti Benfica, Valencia, PSV Eindhoven dan Everton, sebelum ia menandatangani kontrak empat setengah tahun untuk menjadi pelatih timnas Belanda pada Februari 2018.

Meski begitu, ia mengatakan pada musim panas bahwa sekarang adalah "bukan saatnya" untuk mempertimbangkan meninggalkan timnas, menjelang kualifikasi Euro 2020 pada saat itu.

Namun, direktur sepak bola di Asosiasi Sepak Bola Belanda Nico-Jan Hoogma telah mengonfirmasi klausul itu dalam kontrak Koeman yang akan memungkinkannya pindah ke Camp Nou bila mereka melakukan pendekatan.

"Saya berharap kita dapat bekerja sama untuk waktu yang sangat lama, karena saya rasa semuanya berjalan dengan sangat baik," katanya kepada Fox Sports pada Minggu (20/10).

“Ronald sudah lama mengindikasikan bahwa ia ingin menjadi pelatih Barcelona suatu hari nanti. Mari kita lihat apa yang akan terjadi. Sukses di timnas pasti akan membantunya, sama seperti semua orang membantu kami. Tetapi sekali lagi: Saya berharap kerja sama terus berlanjut hingga dan termasuk Piala Dunia di Qatar."

Baca juga: Bingung tentukan starter, Ronald Koeman justru senang

Baca juga: Koeman siapkan rumus jitu hentikan Portugal dan Ronaldo

Pewarta : Hendri Sukma Indrawan
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar