Makassar (ANTARA) - PT Pelindo IV Makassar mengoptimalkan pelayanan bongkar muat Pelabuhan Kendari atau Kendari Newport (KNP).

Dirut PT Pelindo IV Farid Padang di Makassar, Senin, mengatakan, sejak mulai dioperasikan pada awal Mei hingga akhir Agustus 2019, KNP telah melayani kegiatan bongkar muat kapal petikemas sebanyak 29 call dengan 3 pelayaran yaitu PT Meratus line dan 2 pelayaran baru yakni PT Mentari sejati perkasa dan PT Spil.

Untuk meningkatkan operasional pelayanan, telah didatangkan 4 unit alat Rubber Tyred Gantry (RTG) yang mendukung aktivitas bongkar muat agar terus meningkat dan semakin banyak jumlah call kapal yang sandar di dermaga.

Baca juga: Pelindo IV cabang Kendari gunakan sistem operasional uji coba

KNP sebagai salah satu proyek PT Pelindo IV memiliki dermaga dengan luas 300 x 35 meter dan kedalaman mencapai 17 Mean Low Water Springs (MLWS).

Sementara total lapangan penumpukan atau container yard seluas 5 hektare (10 blok) dengan kapasitas 250.000 TEUs per tahun.

Sementara itu, General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Kendari, Debby Duakaju mengatakan kehadiran 4 unit alat RTG tersebut untuk lebih meningkatkan operasional bongkar muat peti kemas di KNP.

Baca juga: Pelindo Kendari tingkatkan pelayanan penumpang di pelabuhan

Kendari New Port dioperasikan oleh PT Pelindo IV Cabang Kendari pada 3 Mei 2019, dengan melayani pelayaran perdana PT Mentari Sejati Perkasa.

“Saat ini operasional di KNP dilayani dengan menggunakan beberapa alat yang sudah didatangkan terlebih dahulu,” kata Debby.

Dengan adanya penambahan 4 unit RTG pada September 2019, sehingga saat ini total ada 24 unit alat untuk memperlancar aktivitas bongkar muat di KNP.

Baca juga: Pelabuhan Kendari Newport ditargetkan beroperasi 2019

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019