Kendari (ANTARA) - Jajaran Kodim 1417/Kendari, Sulawesi Tenggara di bawah Komando  Dandim Kendari  Kolonel Inf Alamsyah melaksanakan kegiatan bakti sosial penghijauan berupa penanaman sejumlah anakan mangrove (bakau) dan bersih-bersih sepanjang pesisir pantai Kendari Beach, Selasa.

Kegiatan yang di awali dengan Penanaman mangrove terpusat di pantai Kelurahan Lahundape Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

"Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam rangka Program bimbingan terpadu (Binter) terpadu Kodim 1417/Kendari," ujar Dandim Kendari Kolonel Alamsyah.

Mantan Kapendam XIV Hasanuddin itu, kegiatan program penghijauan penanaman mangrove dan bersih - bersih pesisir pantai sebagai bentuk wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan kelestarian pesisir pantai khususnya di kawasan Kendari beach.

"Kendari beach salah satu ikon wisata pesisir pantai kota kendari, mari bersama jaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah sembarangan tempat," Ujar Dandim

Ia juga menyampaikan kepedulian dengan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama, Program kegiatan Binter terpadu Kodim 1417/Kendari, salah satu tujuannya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat.
Apel bersama berlangsung di Kelurahan Sodoha Kecamatan Kendari Barat yang diikuti kurang lebih 500 orang yang terdiri dari Prajurit Kodim, Perwakilan dari Kepolisian Kendari, FKKPI, Satpol PP, Dinas Kebersihan Kota Kendari, Siswa SMA, anggota Pramuka Saka wira Kartika Kodim 1417/Kendari. (foto Antara/Azis Senong)

Dandim Kendari, Kolonel Inf. Alamsyah, MSi (tengah) foto bersama dengan anggota FKPPI 2105 Kendari, sesaat melakukan penanaman mangrov di kawasan pesisir pantai Kelurahan Sadooha Kecamatan Kendari Barat, Selasa. (foto ANTARA/Azis Senong)


Ketua FKPPI 2105 Kota Kendari, Syahrani yang dihubungi terpisah mengatakan, partisipasi dalam kegiatan karya bakti Kodim 1417/Kendari, adalah bagian yang harus didukung bersama, tidak hanya dari unsur TNI dan Polri, tetapi juga sebagai generasi muda FKPPI dan lembaga masyarakat lainnya wajib ikut ambil bagian.

Ia mengatakan FKPPI sebagai bagian dari keluarga TNI-Polri, dirinya merasa terpanggil terlibat kegiatan yang diadakan TNI, Walaupun tidak banyak yang bisa dia perbuat tapi karena menjadi bagian dari warga kota Kendari maka itu wajib untuk ambil bagian.

"Selaku ormas anak pejuang, tentu kami sangat prihatin dengan masih adanya warga yang kurang peduli terhadap lingkungannya, dengan membuang sampah sembarang tempat padahal sudah ada sarana tempat sampah yang disiapkan," Ujarnya.

Kegiatan Binter TNI Kodim 1417 Kendari, turut di hadiri Ketua DPRD Kendari H Subhan dan sejumlah tokoh masyarakat dan para RT-RW di kawasan wilayah Kecamatan kendari Barat.

Baca juga: Raja Fajar Azansyah dibalik hadirnya Ekowisata Mempawah Mangrove Park

Baca juga: Lestarikan pesisir, ribuan mangrove ditanam TNI AL di Belitung

 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019