Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Wishnutama Kusubandio berkomitmen akan menjadikan event MotoGP tahun 2021 di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika menjadi event paling bergengsi di Indonesia, bahkan menjadi yang terbaik dari yang pernah ada di dunia.

"Insya Allah, MotoGP Mandalika akan jadi event MotoGP yang terbaik yang pernah ada," kata Wishnutama saat meninjau progres pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, khususnya progres pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika bersama Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah dan Wakil Menteri Pariwisata Angela Herliani Tanoesoedibjo di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Rabu.

Untuk menyambut perhelatan MotoGP 2021 dan mempercepat kemajuan pariwisata KEK Mandalika, Kementerian pariwisata dan pemerintah daerah akan terus bersinergi untuk bagaimana terus meningkatkan infrastruktur.

Baca juga: Tiket MotoGP Mandalika bisa dipesan mulai Januari 2020

Terkait pembangunan pariwisata Mandalika, Menpar mengingatkan bahwa destinasi pariwisata itu harus punya dampak secara langsung kepada masyarakat sekitar, khususnya di sektor ekonomi kreatif.

"Fungsinya tempat pariwisata itu harus punya dampak secara langsung kepada masyarakat, khususnya yang bisa saya lihat adalah di ekonomi kreatif," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan, agar kemajuan pembangunan industri pariwisata di Mandalika, harus punya dampak terhadap penciptaan lapangan pekerjaan dan job creation, seperti kuliner, fashion, dan kriya.

Baca juga: MotoGP kembali digelar di Indonesia, Mick Doohan rasakan nostalgia

"Bahkan nanti videografi, fotografi, wedding planner, dan lain sebagainya," ucap Wishnutama.

Ia berharap pada saat kawasan KEK Mandalika sudah jadi, infrastruktur pendukung jadi, maka akan banyak event-event yang akan dihelat di Mandalika. Seperti wedding, MICE, meeting, exhibition, yang diharap banyak melibatkan masyarakat di NTB, khususnya masyarakat sekitar agar tidak jadi penonton.

"Pada saat kawasan ini jadi, infrastruktur ini jadi, akan ada wedding, MICE, banyak site event, kegiatan yang begitu banyak harus melibatkan masyarakat di Lombok," tuturnya.

Menpar juga mengingatkan bahwa tujuan dari pembangunan yang diusahakan seperti sekarang ini, harus punya dampak lapangan pekerjaan, job creation. Menurutnya hal itulah yang paling penting, sehingga akhirnya akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Jangan sampai pembangunan infrastruktur itu tidak dirasakan oleh masyarakat di daerah tersebut. Pembangunan yang kita usahakan seperti sekarang ini harus punya dampak lapangan pekerjaan, job creation, itu yang penting, nah itu baru akhirnya menjadi kesejahteraan buat masyarakat," katanya.

 

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019