kita punya dokter subspesialis jantung di sini ada tiga orang
Jayapura (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura segera memiliki pusat jantung terpadu yang akan menjadi salah satu pelayanan unggulan di rumah sakit tersebut.

Kepala Unit Pelayanan Jantung RSUD Jayapura, dr. Musnidarti, Sp.JP(K) di Jayapura, Sabtu, mengaku menyambut baik rencana manajemen RSUD Jayapura di bawah kepemimpinan Plt. Direktur drg. Aloysius Giyai, M.Kes yang berencana membuka pelayanan unggulan Pusat Jantung Terpadu di fasilitas kesehatan rujukan tertinggi Provinsi Papua ini.

"Dokter-dokter yang menangani unit ini, kita sudah punya perencanaan ke depan karena kita akan buka Pusat Jantung Terpadu di RSUD Jayapura. Kita punya dokter subspesialis jantung di sini ada tiga orang dan itu pun kami akan mengikuti pendidikan tambahan di RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita khusus untuk pemasangan ring jantung," ujarnya.

Menurut dia, beberapa orang dokter sedang dalam pendidikan dan satu dua tahun akan kembali. Pihaknya sudah menyiapkan tim untuk menyambut rencana hadirnya Pusat Jantung terpadu ini.

Baca juga: Menkes Terawan tinjau RSUD Jayapura
Baca juga: RSUD Wamena dapat tambahan 58 petugas untuk layani korban kerusuhan


Darti menyebut, memang sejak 2017 pihaknya sudah melakukan katerisasi jantung (cardiac cath atau heart cath) yang merupakan salah satu pelayanan unggulan di RSUD Jayapura.

Untuk menunjang pelayanan itu, manajemen telah mendatangkan peralatan medis pendukung dengan nilai investasi yang mahal.

"Umumnya masyarakat di sini menderita penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Kalau yang serangan jantung kan pembuluh darahnya tersumbat, jika tak ditangani segera akan sangat fatal. Jadi kita segera ambil tindakan untuk pembukaan pembuluh darah di ruang katerisasi jantung. Kita lakukan pemasangan ring agar pembuluh darah cepat terbuka," ujarnya.

Menurut dia, dari tahun ke tahun, penderita jantung di Papua makin meningkat. Hal ini paling banyak terjadi karena gaya hidup.

Baca juga: Layanan penanganan jantung RSUD Tulungagung raih penghargaan nasional
Baca juga: Inovasi laskas rsud Tulungagung diapresiasi dunia internasional


"Jika pusat jantung terpadu di RSUD Jayapura berdiri, maka penanganan katerisasi jantung, katup jantung dan jantung anak bisa ditangani di sini. Ini bisa menghemat biaya dan waktu. Selama ini kita kirim ke Jakarta dan biayanya sangat besar," tambah dia.

​​Katerisasi jantung lebih umum dikenal kateter jantung adalah prosedur untuk memeriksa seberapa baik fungsi jantung bekerja. Sebuah alat tipis dan panjang berupa pipa hampa yang dikenal kateter jantung dimasukkan ke dalam bilik atau pembuluh darah besar yang mengarah ke jantung.

Proses kateterisasi jantung dilakukan untuk mengetahui apakah pasien memiliki penyakit jantung, arteri katup atau koroner (jantung) arteri. Selama prosedur kateterisasi jantung, tekanan dan aliran darah di jantung dapat diukur.

Baca juga: RSUD Jayapura lakukan operasi jantung untuk pertama kalinya
Baca juga: RSU Soetomo operasi jantung tanpa penghentian denyut


Pewarta: Musa Abubar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019