Sekarang, bunga KUR sudah diturunkan Pak Presiden Jokowi dari 7 persen jadi 6 persen
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo meminta pembudi daya perikanan di berbagai daerah tidak ragu mengambil kredit usaha rakyat (KUR) untuk semakin mengembangkan usahanya.

"Sekarang, bunga KUR sudah diturunkan Pak Presiden Jokowi dari 7 persen jadi 6 persen. Jumlahnya (plafonnya naik) dari Rp25 juta ke Rp50 juta. Rp50 juta itu tanpa agunan. Jadi, KUR ini peluangnya mudah. Makanya, kelompok budi daya tidak usah ragu," kata Edhy Prabowo dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Baca juga: KUR diharapkan bisa optimalkan potensi perikanan rakyat

Edhy Prabowo menyampaikan bahwa seluruh bank BUMN telah sepakat bekerja sama untuk mempercepat penyerapan KUR.

Untuk membantu masyarakat, Menteri Kelautan dan Perikanan mendorong dinas kelautan dan perikanan di berbagai daerah memberikan pendampingan pada para pelaku usaha dalam melengkapi syarat permohonan KUR.

Sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan menggaet Bank BRI untuk mendorong penyaluran KUR di sektor kelautan dan perikanan nasional seperti pembudi daya, nelayan, serta pengolahan.

Menteri Kelautan dan Perikanan telah menerima audiensi Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Catur Budi Harto beserta jajarannya di Kantor KKP, Jakarta pada 2 Desember.

Dalam pertemuan itu, Menteri Kelautan dan Perikanan juga berharap BRI menyediakan pembiayaan untuk gudang pendingin (cold storage) yang selama ini masih kurang ketersediaanya karena keterbatasan modal.

Selain itu, Menteri Edhy meminta BRI menyalurkan KUR untuk keluarga nelayan misalnya untuk membangun warung makan.

Dengan begitu, lanjutnya, keluarga nelayan dapat mendapatkan penghasilan tambahan dari hasil tangkapan ikannya.

Sementara itu, Catur mengatakan sektor kelautan dan perikanan memiliki potensi yang besar dan penyaluran kredit kecil dan mikro sejalan misi BRI.

Ia mengatakan tim BRI akan menindaklanjuti pertemuan ini minggu mendatang agar konsep bisnis penyaluran KUR dapat digarap dengan cepat guna mengoptimalkan pembangunan  industri kelautan dan perikanan ke depan.

Baca juga: KKP gaet BRI dorong penyaluran KUR sektor perikanan
Baca juga: Pemerintah serentak luncurkan KUR perikanan di enam provinsi

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019