32 Perwira Lantamal dilantik sebagai penyidik Tipiter

id Lantamal

Danlantamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, bersama 32 Perwira Pangkalan Utama sebagai Penyidik Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) di laut. (ANTARA/DispenI Lantamal) (1)

Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, mengambil sumpah 32 Perwira di pangkalan itu sebagai Penyidik Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) di laut.

Danlantamal Gig Sipasulta, di Manado, Senin, mengatakan pada penyumpahan Perwira Penyidik Tipiter di laut merupakan wujud dari upaya untuk membina, memelihara dan meningkatkan kemampuan sekaligus peningkatan sumber daya manusia Lantamal VIII.

"Dengan tujuan mempersiapkan tenaga penyidik yang profesional di bidang keamanan laut," katanya.

Ia menambahkan sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kemampuan dan keterampilan di bidang hukum laut.

Khususnya dalam hal penegakan hukum di laut yang menjadi tugas kewenangan TNI AL, terlaksananya kegiatan operasi keamanan laut di wilayah kerja Lantamal VIII dalam rangka penegakan kedaulatan dan penegakan hukum di laut.

"Serta terlaksananya proses penyidikan tindak pidana tertentu di laut sesuai ketentuan, terjalinnya koordinasi yang baik antara TNI AL dengan instansi terkait lainnya dalam bidang penyidikan tindak pidana tertentu di laut, " katanya.

Puluhan Perwira penyidik yang berasal dari Mako Lantamal VIII dan Lanal jajaran, nantinya akan menerima pembekalan diantaranya tentang keamanan laut, penggalangan dan pengendalian wilayah pertahanan laut serta prosedur penyidikan, penuntutan dan pelimpahan berkas perkara ke pengadilan.

Baca juga: Lantamal VIII Manado peringati Hari Armada RI

Baca juga: Lantamal VIII gelar penyegaran bidang manajerial pengelolaan BMN

Baca juga: SKK Migas-KKKS gandeng Lantamal latihan gabungan tumpahan minyak

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar