Korlantas kerahkan polwan sosialisasi di Tol Cipali tekan kecelakaan

id korlantas,tol cipali

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (tengah) mengecek kelengkapan mobil patroli dalam apel persiapan pengamanan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (25/11/2019). (ANTARA/ HO-Korlantas Polri)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan pihaknya akan mengerahkan sejumlah polisi wanita (polwan) untuk memberikan sosialisasi kepada para pengemudi di Tol Cipali agar berhenti sejenak untuk beristirahat untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi di tol tersebut.

"Langkah pencegahannya, di kilometer 130, ada 'rest area', bisa istirahat di sana," kata Irjen Istiono melalui siaran pers, di Jakarta, Senin.

Baca juga: Korlantas Polri gelar apel persiapan pengamanan Natal-Tahun Baru

Dari hasil evaluasi, Tol Cipali kilometer 86 hingga kilometer 130 merupakan jalur rawan kecelakaan karena di jalur tersebut titik jenuh para pengemudi sehingga rasa kantuk kerap melanda.

Baca juga: Korlantas siagakan 160 ribu anggota amankan lalin Natal dan Tahun Baru

"Kami fokuskan (memperkuat pengamanan) di km 86 hingga km 130," katanya.

Selain melakukan sosialisasi, para polwan tersebut juga akan memimpin peragaan atau peregangan tubuh yang akan diikuti para pengemudi yang singgah di "rest area" km 130 Tol Cipali.

Baca juga: Korlantas Polri siapkan strategi penanganan arus mudik tahun baru

"Ditlantas Polda Jabar yang punya konsep. (Polwan) memimpin senam peregangan pada siang dan sore," katanya.

Masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman pada libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 melalui Tol Cipali, diimbau untuk beristirahat sejenak bila merasa mengantuk sebagai antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar