Kabupaten Langkat dapat predikat daerah Peduli HAM

id pemkab langkat, peduli ham,aa

Kepala Bagian Hukum Sekdakab Langkat, Alimat Tarigan SH menerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM. ANTARA/HO-Pemkab Langkat/aa.

Langkat (ANTARA) - Kabupaten Langkat kembali meraih prestasi dan penghargaan sebagai salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang mendapat predikat Kabupaten Peduli HAM pada peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-71 tahun 2019.

Kepala Bagian Hukum Pemkab Langkat, Alimat Tarigan SH, di Langkat, Rabu, mengatakan kali ini Langkat kembali meraih penghargaan Kabupaten layak Hak Asasi Manusia setelah sebelumnya di tahun 2018 juga menerima penghargaan yang sama.

Hal itu merupakan salah satu wujud Kabupaten Langkat yang multi etnis dan Hak Asasi Manusia adalah hak segala warga selama tinggal di Kabupaten Langkat dan bernegara Indonesia.

Langkat adalah kabupaten yang heterogen dan multi etnis, tidak ada perbedaan dari suku, ras, budaya dan agama, semua menyatu dalam rasa toleransi tinggi sebagai warga Kabupaten Langkat.

"Tentunya penghargaan ini tidak terlepas dari dukungan semua elemen/OPD di jajaran Pemkab Langkat termasuk warganya, kita berhasil mendapatkan kembali Kabupaten Layak HAM, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Kabupaten Langkat," katanya.

Ia mengatakan sebanyak 425 kabupaten/kota telah berpartisipasi dan menyampaikan data capaian di bidang pemenuhan Hak Asasi Manusia, dari jumlah tersebut, 272 kabupaten/kota memenuhi kategori Peduli HAM dan 96 kabupaten/kota dikategorikan Cukup Peduli HAM.

Sementara di lingkungan Pemprov Sumut, Pemkab Langkat termasuk salah satu dari 20 kabupaten/kota yang menerima Penghargaan Peduli HAM.

Ia mengatakan, untuk mencapai kriteria kabupaten/kota peduli HAM itu cukup sulit dan ketat, terkait adanya sejumlah perubahan dalam kriteria dan indikator dalam Permenkumham Nomor 34 Tahun 2016 tentang kriteria kabupaten/kota Peduli HAM.

Ditambah penggunaan aplikasi yang lebih terintegrasi dan penilaian eksternal Kementerian Hukum dan HAM.

Namun, ternyata sebagian besar pemerintah daerah tetap memiliki komitmen tinggi untuk terus mengupayakan pemenuhan hak dasar bagi masyarakatnya dan upayanya tersebut berhasil.

Baca juga: Barito Timur terima penghargaan daerah peduli hukum dan HAM

Baca juga: Palangka Raya terima penghargaan kota peduli HAM 2019

Baca juga: Kediri raih penghargaan Kota Peduli HAM keempat kalinya

Baca juga: Menkumham beri penghargaan 272 kabupaten/kota peduli HAM

 

Pewarta : Juraidi dan Imam Fauzi
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar