Jakarta (ANTARA) - AZ Alkmaar yang tengah menjalani tren positif di kompetisi domestik berpeluang untuk menggusur Ajax dari puncak klasemen saat memasuki rangkaian jadwal Liga Belanda pekan ke-18 yang mulai bergulir Sabtu (21/12) dini hari WIB.

Pekan lalu, AZ sukses menghentikan Ajax 1-0 demi menyamakan raihan 41 poin, tetapi tim besutan Arne Slot itu harus rela berada di posisi kedua karena tertinggal dalam departemen selisih gol.

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Belanda: AZ Alkmaar samai poin Ajax

AZ jelas berpeluang menduduki puncak klasemen Liga Belanda meski hanya untuk kurun waktu kurang dari 24 jam. AZ akan memainkan lebih dulu laga pekan ke-18 mereka dengan bertandang ke markas Sparta Rotterdam pada Minggu (22/12) dini hari WIB.

Lantas pada Minggu (22/12) petang Ajax baru tampil menjamu ADO Den Haag yang terjebak di zona degradasi dan masih didampingi Dirk Heesen karena belum menunjuk pengganti permanen Alfons Groenendijk yang mundur awal bulan ini.

Ajax jelas harus segera kembali ke performa terbaiknya setelah menelan dua kekalahan beruntun di Liga Belanda dan tersisih ke Liga Europa karena dipecundangi Valencia di hadapan publik Johan Crujff Arena pekan lalu.

Baca juga: Gol menit akhir Myron Boadu bawa AZ Alkmaar kalahkan Ajax

Perkara kembali ke jalur kemenangan juga jadi tantangan bagi PSV Eindhoven yang baru saja memecat Mark van Bommel menyusul rentetan hasil buruk dan membuat Root-witten tersisih ke peringkat keempat klasemen.

PSV sejauh ini belum mengumumkan pengganti Van Bommel dan kemungkinan bakal didampingi manajer interim Ernest Faber saat menjamu PEC Zwolle di Stadion Philips pada Minggu (22/12) dini hari WIB.

Jika menang PSV bisa kembali ke posisi ketiga klasemen, sebab Willem II memulai pertandingannya satu jam lebih larut menghadapi Fortuna Sittard.

Sementara itu, Feyenoord yang tak kunjung menemukan stabilitas dalam performanya bakal bertandang ke markas FC Utrecht pada Minggu (22/12) malam. Feyenoord yang ada di posisi keenam berpeluang untuk bertukar tempat dengan Utrecht jika bisa mengamankan kemenangan.

Baca juga: Feyenoord lumat PSV 3-1 berkat trigol Steven Berghuis

Seluruh rangkaian jadwal Liga Belanda pekan ke-18 akan dibuka dengan pertandingan RKC Waalwijk menjamu FC Twente di Stadion Mandemakers pada Sabtu (21/12) dini hari WIB.

RKC tentu berharap bisa segera menambah pundi-pundi kemenangan mereka jelang libur musim dingin demi memperbesar asa bertahan di kasta tertinggi setelah promosi.

Liga Belanda selanjutnya akan memasuki libur musim dingin selama hampir empat pekan dan baru mulai bergulir lagi pada 16 Januari 2019.

Baca juga: RKC Waalwijk raih kemenangan kedua musim ini usai kandaskan Utrecht

Berikut jadwal Liga Belanda pekan ke-18 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (21/12) dini hari
02.00 RKC Waalwijk vs FC Twente

Minggu (22/12) dini hari
00.30 SC Heerenveen vs Heracles Almelo
01.45 Sparta Rotterdam vs AZ Alkmaar
01.45 PSV Eindhoven vs PEC Zwolle
02.45 Willem II vs Fortuna Sittard

Minggu (22/12)
18.15 Ajax vs ADO Den Haag
20.30 FC Utrecht vs Feyenoord
20.30 FC Groningen vs FC Emmen
22.45 Vitesse Arnhem vs VVV Venlo

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019