Jakarta (ANTARA) - Feyenoord dan FC Groningen memetik kemenangan atas lawannya masing-masing dalam laga pekan ke-18 Liga Belanda untuk menutup jadwal akhir tahun 2019 atau jeda musim dingin selama tiga pekan.

Feyenoord yang bertandang ke markas FC Utrecht di Stadion Greenwaard menang 2-1 berkat gol Orkun Kokcu dan Jens Toornstra. Sementara gol tuan rumah dicetak Justin Hoogma, demikian catatan resmi Liga Belanda, Minggu.

Feyenoord unggul terlebih dahulu lewat gol indah dari luar kotak penalti yang dibukukan Orkun Kokcu pada menit ke-15. Berawal dari skema serangan balik cepat, Orkun yang mendapat bola dari tengah melepaskan sepakan melengkung tak bisa di antisipasi kiper.

Baca juga: Feyenoord tahan imbang Utrehct 3-3 untuk kembali ke puncak klasemen

Keunggulan Feyenoord tak bertahan lama. Dua menit berselang sundulan Justin Hoogma membuat kedudukan kembali imbang setelah memaksimalkan sepakan pojok.

Jens Troonstra membuat seisi stadion terdiam sepakan  "first time" kerasnya pada menit ke-50 menghujam jala gawang Utrecht yang dikawal Maartens Paes.

Kemenangan yang diraih Feyenoord memperpanjang rekor tujuh laga tak terkalahkan di liga domestik semenjak diarsiteki Dick Advookat.

Baca juga: Jadwal Liga Belanda: AZ Alkmaar berpeluang gusur Ajax dari puncak

Baca juga: Feyenoord, Utrecht lengkapi peserta 16 besar Piala Belanda


Pada saat bersamaan, dwigol yang dibukukan Kaj Sierhuis membawa FC Groningen melumat tamunya, Emmen, 2-0 dalam laga yang digelar di Stadion Hitachi Capital Mobility.

Dwigol Kaj Sierhuis terjadi pada babak kedua. Dua menit usai sepak mula, Sierhuis membuat kiper Dennis Telgenkamp tak berdaya usai sepakan kaki kanannya di dalam kotak penalti menggetarkan jala gawang Emmen.

Sierhuis kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-72 usai memaksimalkan umpan lambung Daniel van Kaam lewat situasi "st piece". Emmen harus mengakhiri laga dengan sepuluh pemain kala Michael Heylen mendapat kartu kuning kedua dalam laga itu.

Dengan hasil ini membuat Feyenoord berada di peringkat lima klasemen Liga Belanda dengan raihan 31 poin atau terpaut 10 angka dari AZ Alkmaar di posisi kedua. Sementara bagi Groningen raihan tiga poin membawa mereka naik satu strip ke posisi 10 dengan raihan 28 angka.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019