Cigombong, Bogor (ANTARA) - PT KAI memastikan bahwa operasional Kereta Api (KA) jurusan Bogor-Sukabumi maupun sebaliknya sudah kembali normal.

PT KAI telah merampungkan perbaikan rel di perlintasan Stasiun Maseng-Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang sempat tertimbun longsoran.

"Perbaikan selesai pada Senin pukul 11.54 WIB. Selanjutnya jalur dapat dilalui KA 225 relasi Sukabumi-Bogor mulai pukul 12.04 WIB," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Senin.

PT KAI dibantu oleh Satker DJKA Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam melakukan perbaikan rel KA sepanjang 70 meter akibat tertimbun longsor pada Minggu (22/12) malam.

Baca juga: Longsor di Cigombong ganggu perjalanan KA Bogor-Sukabumi

Akibat peristiwa itu perjalanan KA Bogor-Sukabumi pada Senin pagi tidak maksimal karena operasionalnya hanya dilakukan sebatas pada lintasan Stasiun Cigombong-Stasiun Sukabumi.

"PT KAI Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf atas gangguan perjalanan KA Pangrango lintas Bogor-Sukabumi dampak cuaca buruk," kata Eva.

Baca juga: PT KAI targetkan perbaikan jalur KA Pangrango selesai sehari

PT KAI Daop 1Jakarta memperkenankan para pengguna KA Pangranggo yang terdampak dan telah melakukan transaksi tiket untuk melakukan pembatalan perjalanan dengan pengembalian biaya tiket 100 persen.

Pada Minggu (22/12) berlangsung pengembalian biaya untuk 575 tiket yang dilakukan di Stasiun Sukabumi dan Stasiun Bogor. Sedangkan pada Senin dilakukan pengembalian biaya untuk 540 tiket.
Baca juga: PT KAI kerahkan 200 personel perbaiki jalur KA tergerus longsor
Baca juga: Perjalanan KA Sukabumi-Bogor dibatalkan sementara akibat longsor

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019