Jakarta (ANTARA/JACX) - Foto pemain sepak bola asal Jerman Mesut Ozil yang terlihat seolah sedang menginjak bendera China, diunggah sebuah akun media sosial Facebook, pada Rabu (25/12).

Dalam unggahan itu, Ozil yang berdarah Turki terlihat sedang duduk memakai jaket coklat serta celana hitam di sebuah ruangan. Sembari tersenyum, dia membelakangi kaca transparan yang memperlihatkan pemandangan kota sembari mengangkat kaki di atas meja.

Pria kelahiran 1988 tersebut tampak meletakkan kaki kirinya di atas kain merah dengan satu bintang besar dan empat bintang berukuran lebih kecil, yang terlihat menyerupai bendera China, yang berada di atas meja.

Pemilik akun Facebook menambahkan narasi "SEPATUNYA OZIL CAKEP SUMPAH!" dalam unggahan itu.

Hingga Jumat (27/12) sore, kiriman gambar itu sudah direspon sebanyak 476 orang, dan dikomentari 82 orang, serta dibagikan ulang sebanyak 54 kali.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

M10

A post shared by Mesut Özil (@m10_official) on


 
Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, ditemukan fakta foto Mesut Ozil yang seolah sedang menginjak Bendera China itu telah mengalami proses penyuntingan.

Foto Mesut Ozil dengan gaya kaki diangkat di atas meja itu pertama kali diunggah di akun Instagram pribadinya, yakni @m10_official, pada 7 Oktober 2019. Dalam foto aslinya, gelandang tengah Arsenal itu tidak menginjak bendera China, melainkan sebuah sandaran kaki berwarna krem.

Kiriman foto yang sudah disukai sebanyak 1.178.057 orang itu juga pernah dimuat media Inggris The SUN pada 17 oktober 2019 dalam artikel berjudul "Mesut Ozil will earn another 31m Euro from Arsenal even if he never plays again". 

Artikel yang dimuat oleh situs The SUN tersebut membahas kontrak Ozil di Arsenal yang akan habis pada 2021.

Klaim : Mesut Ozil injak bendera China
Rating : Salah/Disinformasi 

Baca juga: Pemerintah China sebut Ozil dibutakan berita palsu soal konflik Uighur

Baca juga: Ciutan Ozil di Twitter tuai kecaman warganet China
 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019