Kuala Lumpur (ANTARA) - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau menggelar Musyawarah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau (Muspimwil) di Kuala Lumpur dalam rangka mempersiapkan perangkat Musyawarah Wilayah Muhammadiyah akhir tahun 2020 mendatang,

"Ini adalah Muspimwil ke tiga yang diselenggarakan di Subang Jaya Malaysia. Pelaksanaannya berlangsung 17-19 Januari 2020 dengan peserta dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau, Majelis dan Lembaga, Organisasi Otonom Muhammadiyah dan Pimpinan daerah Muhammadiyah se-Provinsi Riau," ujar Ketua Panitia yang juga Sekretaris Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau, H. Abunawas, S.Ag, MM di Kuala Lumpur, Ahad.

Musyawarah juga diikuti beberapa Kepala Sekolah SMA/SMK Muhammadiyah yang sekaligus juga diikutkan melakukan kunjungan ke Sekolah Internasional Islamic School, Malaysia.

Dia mengatakan acara Muspimwil ini menjadi salah satu putusan Muktamar Muhammadiyah 47 di Makassar 2015 lalu yakni Internasionalisasi Muhammadiyah.

Baca juga: Mahasiswa Muhammadiyah ajak milenial rajut persatuan usai Pilpres

Baca juga: Muhammadiyah Riau undang mufti Negeri Perlis Malaysia


"Acara Muspimwil ini agendanya adalah menyusun perangkat untuk Muswil Muhammadiyah Riau, yakni memilih Panitia Pemilihan, Pengajuan Tuan Rumah Muswil dan Konsolidasi Organisasi serta persiapan mensukseskan Muktamar Muhammadiyah di Solo, Juli 2020," ujar Ketua PW Muhammadiyah Riau, Dr Saidul Amin.

Saidul juga menambahkan acara ini dilengkapi dengan Seminar Internasional Pendidikan Muhammadiyah dalam Mencerahkan Umat dengan menghadirkan pembicara Dr Sonny Zulhuda selaku Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Malaysia dan M Sabir Jamaluddin selaku Konsultan Pendidikan Malaysia.

"Ini wujud Internasionalisasi yang dilakukan Muhammadiyah dalam upaya menyebarkan dakwah dan mengepakkan sayap ke dunia luar, dan tentunya juga sejalan dengan program dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah," kata Saidul.

Sementara itu Dr Sonny Zulhuda yang juga dosen International Islamic University Malaysia (IIUM) menyatakan kebahagiaannya dalam menyambut acara yang diselenggarakan Muhammadiyah Riau apalagi secara geografis Riau berbatasan langsung dengan Malaysia.

"Kami tentu senang dan bukan hanya Riau, beberapa Pimpinan Wilayah Muhammadiyah di Indonesia termasuk universitas juga sering melakukan kunjungan, bahkan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir akan mengadakan Tabligh Akbar di Kuala Lumpur pada 26 Januari ini," katanya.

Acara Muspimwil sendiri dihadiri oleh seluruh anggota PWM, Majelis Lembaga dan Ortom tingkat wilayah, Pimpinan Daerah dan Cabang Muhammadiyah se Riau, Pimpinan Amal usaha di Riau serta Pimpinan Muhammadiyah Cabang Istimewa Malaysia.*

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020