Kuala Lumpur (ANTARA) - Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Malaysia bersama Bank Muamalat mengadakan jalan sehat bersama Warga Negara Indonesia (WNI) di tepi danau Taman Tasik Ampang Hilir, Kuala Lumpur, Minggu.

Taman kota yang luasnya 16 hektare ini adalah salah satu taman rekreasi kota di bawah administrasi Dewan Bandaraya Kuala Lumpur (DBKL) atau Pemerintah Kota Kuala Lumpur.

Acara yang diikuti sekitar 300 warga dan simpatisan persyarikatan ini diisi dengan jalan sehat mengelilingi danau, senam, kuis berhadiah dan juga ramah tamah antara warga yang mayoritas adalah pelajar dan keluarga buruh migran Indonesia di Malaysia.

Acara ini merupakan kerja sama PCIM Malaysia dengan Bank Muamalat Indonesia Cabang Kuala Lumpur yang satu-satunya bank asal Indonesia yang memiliki kantor cabang di Kuala Lumpur.

Ketua PCIM Malaysia Sonny Zulhuda mengatakan pesan penting dari program ini adalah untuk mengingatkan warga PCIM Malaysia perlunya menjaga kesehatan diri.

"Jangan sampai kita keasyikan dalam aktivitas kerja dan studi sementara melalaikan kesehatan dan kebugaran. Ini penting karena sebagai abdi dakwah masih banyak agenda penting persyarikatan di Malaysia," katanya.

Sonny juga mengapresiasi kemitraan Bank Muamalat sebagai bank milik umat yang merupakan mitra penting dalam dakwah dan pergerakan.

PCIM Malaysia mempunyai banyak agenda keumatan yang memerlukan kolaborasi dari berbagai aspek termasuk pendanaan dan manajemen aset.

Sementara, kata Sonny, buruh migran juga memerlukan lapangan riil untuk pemberdayaan.

Dalam sambutannya, General Manager BMI Mahmud Abu Bakar turut senang dengan acara jalan sehat tersebut.

Dia yakin dengan acara kolaboratif tersebut Bank Muamalat Indonesia dapat menyatu lebih dekat dengan warga Indonesia di Malaysia.

Mahmud menjelaskan BMI yang sudah dibuka sejak 2009 berkomitmen untuk terus meningkatkan berbagai jasa dan kemudahan bagi WNI di Malaysia.

Pada akhir acara, Ustad. Dr. M. Arifin Ismail memberikan tawsiyah singkat terkait pentingnya kesehatan bagi setiap individu.

Dia mengatakan dalam tubuh yang kuat, ada jiwa yang sehat dan dalam jiwa yang sehat, ada ruh yang sehat pula.

Penasihat PCIM Malaysia itu menekankan pentingnya dakwah menjadi ruh setiap pergerakan.

"Dalam PCIM ini, dakwah bukan aktivitas atau program semata, tapi mari kita jadikan setiap program termasuk jalan sehat ini sebagai dakwah kita," katanya

Kegiatan jalan sehat ini juga menandai berakhirnya rangkaian kegiatan pelantikan pengurus PCIM-PCIA Malaysia 2019-2021 yang diawali dengan pertandingan olahraga, bakti sosial, lomba mengaji dan puncaknya tabligh akbar bersama Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir dan Ketua Umum PP 'Aisyiyah Dra. Siti Noordjannah Djohantini.
 

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020