Petugas BPBD cek lokasi kemunculan buaya di Sungai Brantas

id buaya sungai brantas,penampakan buaya,konflik satwa manusia

Petugas BPBD cek lokasi kemunculan buaya di Sungai Brantas

Petugas berkoordinasi untuk mencari buaya yang muncul di bagian Sungai Brantas di Kelurahan Ringinanom, Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (5/2/2020). (ANTARA/ HO BPBD)

Kediri (ANTARA) - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri, Jawa Timur, mengecek lokasi kemunculan buaya di bagian Sungai Brantas menyusul peredaran foto yang menunjukkan buaya muncul di Kelurahan Ringinanom.

"Petugas BPBD Kota Kediri memantau lokasi pertama kali ada kemunculan buaya di belakang Ramayana bersama Lurah Ringinanom dan Bhabinkamtibmas," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kediri Adi Sutrisno di Kediri, Rabu.

Menurut dia, warga yang sedang memancing melihat buaya muncul di bagian Sungai Brantas di belakang pusat perbelanjaan Ramayana di Kelurahan Ringinanom sekitar tiga pekan lalu dan pada Selasa (4/2) sore.

"Kami juga langsung melaporkan kejadian ini ke BKSDA Jatim, karena ini dua kali dilihat ada buaya di belakang Ramayana," kata Adi.

Ia mengatakan bahwa petugas BPBD berupaya menemukan buaya tersebut guna mencegah kemungkinan buaya menyerang warga mengingat bagian sungai tempat buaya muncul berada dekat dengan permukiman.

Guna menemukan buaya tersebut, petugas BPBD menyiapkan ayam sebagai umpan. Setelah berhasil ditangkap, buaya itu akan dievakuasi ke habitat yang layak.

Baca juga:
Sayembara dihentikan, KLHK bentuk tim khusus selamatkan buaya terlilit ban
BKSDA gelar sayembara untuk bebaskan buaya dari lilitan ban di Palu

Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar