Perahu dihantam gelombang di Sarmi, satu nelayan hilang

id SAR Jayapura, nelayan, pencarian

Tim SAR menemukan Yoga, nelayan Sarmi dan perahunya terdampar di pinggir pantai Kampung Niwirawar. ANTARA/HO-Humas SAR Jayapura

Makassar (ANTARA) - Sebuah perahu nelayan terbalik dihantam gelombang di Perairan Sarmi, Papua, Sabtu pagi, menyebabkan satu nelayan hilang dan satu lagi ditemukan selamat oleh tim rescue dari Basarnas Pos SAR Sarmi  setelah terdampar di pantai Niwirawar.

Saat ini Tim SAR  bantu dengan Pol Air Polres Sarmi dan masyarakat setempat mencari satu nelayan Sarmi atas nama Askar (24) yang masih hilang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura Zainul Thahar ketika dikonfirmasi dari Makassar, Sabtu, menjelaskan, dua Nelayan asal Sarmi atas nama Askar (24) dan Yoga (18) dilaporkan hilang oleh pihak keluarga saat melaut.

Baca juga: Basarnas: Dua nelayan Cilacap hilang akibat perahu dihantam gelombang
Baca juga: 10 perahu nelayan Situbondo hancur dihantam gelombang tinggi

Mereka hilang akibat perahu yang digunakan saat melaut dihantam ombak di utara Perairan  Sarmi pada Sabtu pukul 10 pagi.

"Setelah mendapat laporan, kami langsung menggerakkan tim Rescue untuk melalukan pencarian," kata Zainul.

Sementara menurut keterangan Darus,  keluarga korban, bahwa kedua korban melaut sejak pagi namun dalam perjalanannya perahu tenggelam akibat dihantam ombak sehingga keduanya terjatuh ke laut.

Saat pencarian, tim SAR menemukan korban atas nama Yoga selamat dan terdampar di pinggir pantai Kampung Niwirawar bersama perahunya.

Sementara rekan korban atas nama Aswar belum ditemukan, hingga kini masih dalam proses pencarian.

"Saat ini Tim rescue dari Basarnas Pos SAR sarmi dibantu dengan Pol Air Polres Sarmi, nelayan dan masyarakat setempat masih melakukan pencarian satu korban hilang di laut Kampung Arbais sebelah utara Kabupaten Sarmi," tambah dia.

Baca juga: Basarnas Maumere kerahkan tim SAR cari nelayan hilang
Baca juga: Helikopter BNPB bantu pencarian 10 nelayan di pesisir selatan Sumbar
Baca juga: Dua perahu nelayan di Sasak kembali tenggelam lima ABK hilang


Pewarta : Musa Abubar
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar