Medan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Medan melakukan observasi rumah terhadap 16 orang yang diketahui telah melakukan kunjungan ke negara China untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.
 
"Ke-16 orang ini, selain warga negara Indonesia, tiga di antaranya merupakan warga negara asing," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Sumatera Utara Edwin Efendi, di Medan, Selasa.

Baca juga: Presiden Jokowi: 62 "suspect" Virus Corona di RI, semuanya negatif
 
Observasi yang dimaksud kata Edwin, berupa pengamatan kesehatan secara berkala di tempat tinggal masing-masing selama 14 hari.
 
"Kita lakukan observasi rumah, bukan karantina. Setelah kita dapat data 16 orang yang baru datang dari China, kita tugaskan petugas surveillance untuk melakukan pengamatan," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, sampai kondisi ke 16 orang tersebut dalam keadaan sehat terkendali. Ia berharap agar yang bersangkutan tetap kooperatif.
 
“Jika ada keluhan-keluhan yang mengganggu kesehatan, misalnya demam, batuk, sesak, untuk segara laporkan kepada petugas, sehingga kita bisa melakukan pengamatan ketat selama 14 hari,” ujarnya.
 
 
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020