Brebes (ANTARA) - Kecelakaan beruntun yang melibatkan truk gandeng dan lima mobil di ruas Jalan Raya Paguyangan, Kabupaten Brebes-Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (13/2) mengakibatkan empat korban luka-luka.

Informasi yang dihimpun menyebutkan kecelakaan itu berawal saat truk gandeng bermuatan gandum bernomor polisi G 1913 CE yang dikemudikan Cahyono (52), warga Kabupaten Pemalang, yang melaju dari arah Purwokerto menuju Bumiayu dengan kecepatan sedang.

Namun, saat di lokasi kejadian dengan kondisi jalan menurun, truk gandeng yang sarat bermuatan gandum itu melaju tidak terkendali sehingga menabrak mobil Toyota Rush dan Toyota Avanza yang berada di depannya.

Baca juga: Tiga kendaraan dan satu gardu tol rusak dalam kecelakaan di Tol Halim

Kemudian mobil Toyota Avanza terpental dan menabrak kendaraan lain yang di depannya. Sementara truk gandeng yang diduga mengalami rem blong ini terus melaju sampai akhirnya menabrak dan tertahan kendaraan truk lainnya dan berhenti di sisi kiri jalan.

Sebanyak dua mobil yaitu Toyota Rush dengan tiga penumpang mengalami luka-luka dan pengemudi mobil Toyota Avanza juga mengalami luka-.

Pengemudi Toyota Rush, Iwan (50), mengatakan, dia tidak mengetahui truk gandeng yang beriringan berada di belakang mobilnya itu diduga rem blong.

"Pertama (truk itu) menabrak kendaraan saya, terus menabrak avanza yang berada di depan mobil saya," katanya.

Baca juga: Akibat ban selip, BMW tabrak pembatas jalan di Tol Slipi

Menurut dia, mobil yang dikemudikan terpental ke kanan dan tertahan oleh mobil Mitsubishi L300 yang melaju berlawanan arah. "Ada mobil L300 lain yang terbentur bagian belakang hingga mobil itu posisinya memutar," kata Iwan.

Kepala Lalu Lintas Polres Brebes, Moch Purwonegoro, saat dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan, polisi masih melakukan olah tempat kejadian perkara sehingga belum bisa menyimpulkan kasus kecelakaan itu.

Baca juga: Truk Kontainer alami kecelakaan di Tol Jagorawi KM 04 arah Bogor

"Kita masih lakukan olah TKP dulu dan belum memeriksa pengemudi truk gandeng tersebut. Kita juga memfokuskan evakuasi terhadap para korban untuk mendapatkan perawatan medis," katanya.

Sebanyak tiga korban luka merupakan penumpang mobil Toyota Rush dan dilarikan ke RSU Muhammadiyah, Siti Aminah Bumiayu, dan satu korban lainnya yang juga merupakan anggota Polres Brebes sempat dibawa ke RSUD Bumiayu kemudian dirujuk ke RS Ortopedi di Purwokerto.

Baca juga: Polisi identifikasi korban tewas kecelakaan di Tol Cipali

Pewarta: Kutnadi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020