Rencananya lokasi pembangunan pasar tersebut berada di Perumahan Sawangan Permai, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan
Depok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Jawa Barat berencana membangun pasar tradisional di wilayah barat kota setempat pada 2020 ini, untuk memudahkan masyarakat Depok  memenuhi kebutuhan pokok dan meningkatkan perekonomian wilayah itu.

"Rencananya lokasi pembangunan pasar tersebut berada di Perumahan Sawangan Permai, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Diperdagin) Kota Depok, Zamrowi Hasan di Depok, Selasa.

Baca juga: Hipmi siap berkontribusi tingkatkan perekonomian Kota Depok


Ia mengatakan anggaran pembangunan pasar ini berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) dengan total anggaran sebesar Rp10 miliar.

"Kami sedang menunggu hasil Detail Engineering Desain (DED) dari Pemprov Jabar, dengan harapan bulan Maret ini sudah mulai lelang," jelasnya.

Dikatakannya pembangunan konstruksi fisik pasar akan dimulai pada Juli 2020 setelah penyelesaian proses lelang, dengan target rampung pada akhir Desember 2020.

Baca juga: Bisnis laundry siap hadapi era Revolusi Industri 4.0


"Pasar tersebut rencananya dibangun oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok. Dengan daya tampung 200 pedagang," katanya.

Menurut dia, pembangunan pasar tradisional merupakan upaya Pemkot Depok dalam pemerataan akses pasar. Pasalnya, hingga saat ini, lokasi pasar terbanyak berada di wilayah timur Kota Depok.

"Mudah-mudahan proses pembangunannya berjalan lancar sehingga masyarakat Sawangan, Bojongsari, dan sekitarnya dapat memanfaatkan pasar itu awal tahun 2021," katanya.

Baca juga: Depok akan bangun mal pelayanan publik
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020