Dari Kertajati nanti ABK langsung dibawa menggunakan bus ke Pelabuhan ini yang selanjutnya akan diangkut ke tempat observasi,
Indramayu (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy memeriksa kapal KRI dr Soeharso di Pelabuhan PLN Sumuradem, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, untuk memastikan kesiapan penjemputan 69 anak buah kapal (ABK) Diamond Princess.

"Kami disini (Pelabuhan PLN Sumuradem) mengecek kesiapan KRI dr Soeharso yang nanti akan dijadikan tempat pengangkutan ABK Diamond Princess," kata Muhadjir di Indramayu, Minggu.

Ia menambahkan nantinya ABK Diamond Princess akan mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Kertajati, setelah itu nanti akan langsung dibawa menggunakan bus ke Pelabuhan PLN Sumuradem.

Baca juga: Retno Marsudi: Dua WNI ABK Diamond Princess pilih tetap di Jepang

Kemudian setelah sampai di KRI dr Soeharso, semua ABK akan langsung dibawa ke fasilitas observasi di Pulau Sebaru Kecil.

"Dari Kertajati nanti ABK langsung dibawa menggunakan bus ke Pelabuhan ini yang selanjutnya akan diangkut ke tempat observasi," ujarnya.

Dia berharap semua proses tersebut bisa berjalan sesuai dengan rencana dan lancar, karena ini merupakan tugas yang sangat mulia.

Baca juga: Muhadjir: WNI di kapal Dream World akan tiba di Sebaru pekan ini

Selain itu Muhadjir juga berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pemulangan ABK Diamond Princess baik yang berada di Indonesia maupun tim penjemput.

"Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan kami meminta doanya kepada seluruh rakyat Indonesia, agar tidak ada halangan apapun," katanya.

Baca juga: Pemerintah akan evakuasi WNI dari Diamond Princess dan World Dream

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2020