Pemerintah sebut sembilan WNI kru kapal telah sembuh

id Kru kapal, COVID-19, sembuh, Kemenkes

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona memberikan keterangan pers di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (5/3/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.

Jakarta (ANTARA) - Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengemukakan sebanyak sembilan warga negara Indonesia (WNI) yang semula positif virus COVID-19 di Jepang telah dinyatakan sembuh.

"Sembilan orang awak Diamond Princess sempat positif dan dirawat di Jepang sudah sembuh, sebanyak lima orang (di antaranya) sudah sampai di tanah air," katanya di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Kamis.

Baca juga: Pemerintah nyatakan 188 WNI kru kapal World Dream dalam keadaan sehat

Baca juga: WNI kru Diamond Princess yang sembuh akan dipulangkan perusahaan

Baca juga: Empat WNI kru Diamond Princess dinyatakan sembuh dari corona


Yuri mengatakan sebanyak empat WNI lainnya sudah tidak lagi dirawat di rumah sakit dan akan segera menyusul tiba di tanah air.

"Disusulkan empat orang sudah lepas perawatan tapi masih tunggu ticketing yang ditanggung perusahaannya menuju Jakarta," kata Yuri.

Kesembilan WNI itu sebelumnya dirawat di sejumlah rumah sakit di Jepang secara terpisah di beberapa daerah.

Kesembilan kru kapal itu merupakan bagian dari 77 WNI yang menjadi kru Kapal Diamond Princess, namun mereka sempat dinyatakan positif COVID-19 sehingga harus menjalani perawatan isolasi di Jepang.

68 kru lainnya telah dipulangkan ke Tanah Air, namun masih menjalani observasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu.

Pewarta : Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar