Jakarta (ANTARA News) - PT Garuda Mataram Motor sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dari Audi menargetkan 10 unit mobil terbarunya yakni Audi A5 Coupe terjual di 2009.

"Prinsipal memberi jatah 10 unit untuk Indonesia hingga akhir tahun. Kita harap itu bisa terjual semua," kata General Manager PT Garuda Mataram Motor, Imelda Muhidin, pada peluncuran Audi A5 Coupe di Audi Center, Jakarta, Kamis.

Menurut Imelda, hingga saat ini sudah ada empat unit coupe modern A5 di Indonesia dan tiga diantaranya sudah terjual sebelum diluncurkan secara resmi ke publik.

Bagi peminat mobil yang sebelumnya sempat diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008 dengan mesin berbeda yakni 3.0 quattro TDI tersebut, harus menunggu empat bulan sebelum bisa mengendarainya di Indonesia.

"Kalau sekarang harus inden dulu empat bulan sejak pemesanan," ujar dia.

Sama dengan seri lainnya, mobil yang memiliki kapasitas mesin 3.200 cc FSI quatro dan mampu menghasilkan kecepatan tertinggi 250 kilometer (km) per jam ini 100 persen impor atau "compeletly build up" (CBU).

Dengan minimnya pemain di jenis coupe, Imelda mengaku cukup yakin bahwa mobil dengan harga Rp1,45 miliar tersebut mampu mencapai target penjualan. Ia pun merasa optimistis bahwa pasar mobil premium di Indonesia tidak banyak terpengaruh oleh kondisi krisis finansial global.

"Kalau pun ada penurunan penjualan tidak sebanyak jenis mobil lainnya, karena memang pasar mobil premium di Indonesia sendiri kan kecil," ujar dia.

Menurut dia, jika pada dua bulan pertama 2009 penjualan otomotif secara umum mengalami penurunan 30 hingga 40 persen tetapi untuk mobil premium penurunan penjualan hanya mencapai 10 persen saja.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009