Jakarta (ANTARA) - Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957 membagikan paket alat kebersihan seperti masker, cairan pembersih tangan (handsanitizer) serta "flyer" pencegahan COVID-19 di sekitar kawasan Bundaran HI.

Kegiatan ini untuk membantu pemerintah memerangi virus pandemi yang saat ini merebak di Indonesia khususnya di Ibu Kota Jakarta.

"Ini tentu bisa mengurangi penularan (COVID-19). Sehingga ini bentuk aksi kami Kosgoro 1957, terutama barisan muda Kosgoro yang ingin membantu dan mengajak masyarakat berbuat yang sama," kata Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Kosgoro 1957 Agung Laksono di Bundaran HI usai membagikan masker untuk masyarakat yang masih beraktivitas menggunakan transportasi umum, Jumat.

Baca juga: 20.000 sopir truk di Jakarta beraktivitas normal

Agung mengatakan, setidaknya 10.000 set perlengkapan berisi masker dan cairan pencuci tangan dibagikan oleh Kosgoro 1957 di Ibu Kota terutama bagi masyarakat yang menggunakan transportasi umum sehingga dapat menjaga kebersihan tubuh dan mengurangi potensi penyebaran virus asal Wuhan itu.

"Kemarin, tiga hari yang lalu kita sudah bagikan di Blok M. Hari ini selain di sini (Bundaran HI), ada juga di Dukuh Atas dan Patung Kuda. Nanti kami susuri tempat lain di seluruh Jakarta yang banyak perpindahan penduduk dari satu moda transportasi umum ke transportasi lainnya," kata Agung.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI itu pun mengharapkan masyarakat agar patuh mengikuti anjuran "social distancing measure" atau pembatasan jarak sosial.

"Kita harapkan program pemerintah diikuti masyarakat terkait 'social distancing' diikuti. Tidak berkerumun terlalu banyak, kalau bertemu harus ada jaraknya," kata mantan Ketua DPR RI itu.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Satgas Anti COVID-19 Kosgoro Dharma Oratmangun yang meminta masyarakat semakin giat melakukan "social distancing measure".

"Kita kampanyekan sebanyak-banyaknya 'social distancing', jaga jarak antara kita semua, jangan lupa gunakan masker," kata Dharma.
Baca juga: Wali Kota Jakarta Barat imbau warga tunda resepsi

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020