Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (20/3) mulai dari Kemenko Bidang Perekonomian meluncurkan Kartu Pra-Kerja hingga Kementerian BUMN memesan test kit COVID-19 dari Swiss.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Pemerintah luncurkan Kartu Pra-Kerja

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meluncurkan Kartu Pra Kerja pada Jumat (20/3), sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar dapat menjadi stimulus perekonomian di tengah mewabahnya virus corona atau COVID-19 di Indonesia.

“Kartu Pra-Kerja ini untuk pertama kalinya pemerintah menggandeng unicorn ataupun startup digital agar kita bisa melakukan akses kepada masyarakat Indonesia secara lebih luas,” katanya di Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Realokasi belanja APBN Rp62,3 triliun tangani COVID-19

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah mengidentifikasi Rp62,3 triliun pada APBN 2020 untuk belanja kementerian dan lembaga yang bisa direalokasi dalam menangani penyebaran virus corona atau COVID-19.

“Kementerian dan lembaga akan melakukan penyesuaian terhadap belanja mereka,” katanya di Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya klik di sini

3. OJK: Fundamental saham bagus

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso meminta para investor pasar modal tidak perlu khawatir berlebihan dengan penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam beberapa waktu terakhir.

“Ini tidak perlu khawatir. Jadi semua saham listing di Indonesia melalui pasar modal ini fundamentalnya bagus, ini hanya sentimen negatif saja,” katanya di Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya klik di sini

4. BI kucurkan Rp300 triliun kawal rupiah

Bank Indonesia sudah mengucurkan dana sekitar Rp300 triliun sepanjang tahun ini dalam intervensi pasar guna menguatkan nilai tukar rupiah dari tekanan dolar AS, yang terjadi akibat pandemi global virus corona atau COVID-19.

“Kami terus melakukan injeksi likuidtas baik rupiah dan valas, untuk injeksi likuditas kami laporkan tahun ini sudah injeksi rupiah hampir Rp 300 triliun,” katanya di Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Kementerian BUMN pesan test kit COVID-19 dari Swiss

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan bahwa pihaknya telah memesan alat tes (test kit) virus corona tipe baru atau COVID-19 dari COVID-19 dari Swiss

"Kita beli juga dari Swiss. Kita sudah order dan akhir bulan ini datang dan kita akan lakukan distribusinya,” katanya di Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020