Manokwari (ANTARA) - Satu kapal kargo tenggelam di wilayah perairan Manokwari-Tambrauw, Papua Barat, Jumat (20/3) malam, dan seorang kru kapal dilaporkan hilang dalam peristiwa nahas tersebut.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manokwari George Mercy Randang di Manokwari, Sabtu, mengatakan bahwa total ada 18 kru yang berada di KM Surya Express saat kecelakaan terjadi.

"Tadi malam pukul 23.15 WIT kami menerima email dari indonesia_mcc@yahoo.com tentang signal Distress Alert pada koordinat 00°40'5"S - 133°19.4 E. Tanpa berpikir panjang kami segera menyiapkan personel dan peralatan," kata George

Basarnas Manokwari mengerahkan KM Kumbakarna dan 25 personel untuk menolong kru kapal.

Tim pertama Basarnas berangkat pukul 23.34 WIT melalui darat dan tiba di lokasi kecelakaan kapal pukul 03.10 WIT. Saat petugas Basarnas tiba di lokasi, awak kapal yang mengenakan baju pelampung terpencar mengambang di laut.

"Penyelamatan kita lakukan satu-persatu, lalu kita lakukan penghitungan terhadap seluruh awak kapal sehingga diketahui satu awak kapal tidak ada, atau belum ditemukan," kata George.

KM Kumbarna Basarnas pada Sabtu pukul 08.55 WIT diberangkatkan dari Dermaga Cokran Manokwari dengan membawa 15 personel tambahan untuk mencari satu awak kapal yang belum ditemukan.

Baca juga:
Kapal nelayan bubu tenggelam di Pulau Mapur
Kapal berpenumpang 10 orang tenggelam di perairan Halmahera Selatan

Pewarta: Toyiban
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020