Alokasi anggaran tersebut disiapkan untuk membangun jalan kira-kira sepanjang 1,5 kilometer.
Manado (ANTARA) - Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Manado, Triono Junoasmono mengatakan dana sebanyak Rp60 miliar dialokasikan untuk menyokong pembangunan 'Manado Outer Ring Road' (MORR) 3 di Sulawesi Utara

"Alokasi anggaran tersebut disiapkan untuk membangun jalan kira-kira sepanjang 1,5 kilometer," ujar Triono di Manado, Minggu.

Pembangunan konstruksi jalan, sebut dia, akan dilakukan setelah proses pembebasan lahan selesai difinalisasi pada bulan ini.

"Proses pembebasan lahan ini dilakukan pemerintah provinsi, bila sudah selesai finalisasinya akan dilanjutkan dengan pembangunan," katanya.

Baca juga: Pejabat: Tol Pejagan-Cilacap bakal terhubung dengan Bandara Soedirman

Triono mengatakan, pembangunan MORR 3 ini memberikan manfaat besar mengurai kemacetan ketika memasuki kawasan Kota Manado.

Pengendara yang akan menempuh perjalanan ke wilayah Kota Manado bagian utara, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung, tidak perlu mengambil rute memasuki pusat kota, tetapi menggunakan ruas jalan MORR 3.

Ruas MORR 3 ini akan tersambung dengan MORR satu dan MORR 2 yang telah diselesaikan sebelumnya.

Ruas jalan ini juga akan mempermudah pergerakan barang dari provinsi lain di Sulawesi menuju titik ekspor Pelabuhan Bitung.

"Kami berharap finalisasi pembebasan lahan segera terealisasi," harapnya.
Baca juga: Kementerian PUPR tawarkan investor 5 proyek jalan dengan skema KPBU

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020