BPBD Temanggung: Penyemprotan disinfektan gratis

id bpbd temanggung, penyemprotan disinfektan gratis,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemkab Temanggung yang juga Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Djoko Prasetyono. ANTARA/Heru Suyitno

Temanggung (ANTARA) - Penyemprotan cairan disinfektan di area publik oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Temanggung dilaksanakan secara gratis. 

"Gugus COVID-19 dalam kerangka penciptaan lingkungan yang bersih dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan tidak memungut biaya apapun," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemkab Temanggung yang juga Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Djoko Prasetyono.di Temanggung, Senin.

Ia menyampaikan bagi pihak-pihak yang mengatasnamakan BPBD, Tagana, dan PMI yang memungut biaya silakan dilaporkan ke pihak yang berwajib.

"Saat ini masa kedaruratan, jangan sekali-kali mengambil untung, melakukan penipuan, di atas kepanikan masyarakat," katanya menanggapi laporan masyarakat melalui media sosial bahwa penyemprotan disinfektan dipungut biaya.

Baca juga: Gubernur pantau penyemprotan disinfektan ojek daring di Surabaya

Ia menegaskan semua kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan pemerintah secara gratis.

Menyikapi banyaknya permintaan penyemprotan, pihaknya memprioritaskan di area publik, namun sekarang banyak masyarakat yang melakukan penyemprotan mandiri.

Ia menyampaikan penyemprotan disinfektan itu bukan obat corona, namun membantu menyosialisasikan gerakan hidup bersih, lingkungan yang sehat, sedangkan penyemprotan harus dilakukan berkala.

Ia menjelaskan tugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Temanggung, antara lain penanganan kesehatan di mana sudah dipersiapkan RSUD sedemikian rupa apabila ada masyarakat yang membutuhkan penanganan medis terkait dengan COVID-19.

Di bidang pencegahan, yang harus dilakukan adalah memastikan pembatasan sosial bisa berjalan, pengurangan kerumunan, bersalaman, pertemuan-pertemuan yang tidak perlu, melaksanakan ketentuan terkait dengan pribadi-pribadi yang sehat, dan menciptakan lingkungan yang bersih.

Baca juga: Antisipasi COVID-19, Damkar Kendari semprot disinfektan di ruas jalan
Baca juga: Lima pasar besar di Bantul disemprot disinfektan cegah COVID-19

Pewarta : Heru Suyitno
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar