Jakarta (ANTARA) - Konfederasi sepak bola Amerika Selatan, CONMEBOL, menawarkan dana bantuan kepada klub-klub di wilayahnya yang menjadi peserta dalam Copa Libertadores dan Copa Sudamericana, dua kompetisi antarklub tingkat regional setempat, di tengah pandemi global COVID-19.

Bantuan itu berupa pembayaran di muka 60 persen dari uang bagi hasil kejuaraan-kejuaraan tersebut, untuk menanggulangi kondisi finansial yang perlahan mulai terdampak pandemi COVID-19.

Baca juga: CONMEBOL minta FIFA tunda kualifikasi Piala Dunia

"Situasi semacam ini menuntut respon yang cepat dan tepat," kata Presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez dalam pernyataan resmi di laman organisasi tersebut, Kamis.

"Dengan percepatan dana bagi hasil ini, CONMEBOL bisa membantu klub-klub untuk memenuhi kewajiban finansial mereka terhadap berbagai pihak terlibat, termasuk staf pelatih dan pemain," ujarnya menambahkan.

Saat ini sedikitnya 76 klub masih berkompetisi dalam Copa Libertadores dan Copa Sudamericana, sebagian di antaranya sudah merumahkan pekerjanya dan banyak pemain diwajibkan bertahan dirumah menjalani swakarantina.

Baca juga: Copa America juga dimundurkan ke 2021

Copa Libertadores saat ini masih di fase penyisihan grup, sedangkan Copa Sudamericana di babak kedua sebelum sepak bola di daratan Amerika Latin ditangguhkan hingga waktu tak terbatas untuk pencegahan COVID-19.

CONMEBOL sebelumnya juga sudah memutuskan untuk menunda Copa America 2020, yang sedianya digelar di Argentina dan Kolombia musim panas nanti, untuk dilangsungkan tahun depan.

Baca juga: Para pemain dan pelatih Leeds rela terlambat gajian demi para staf
Baca juga: Penundaan Olimpiade disambut baik, pengambilan keputusannya dikritik

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020