Anggota DPRD DKI sumbang 100 ml disinfektan di Tebet

id Covid-19, lawan corona, cegah corona, RT 05, RW 12, kelurahan menteng dalam, kecamatan tebet, jakarta selatan, disinfektan

Anggota DPRD DKI sumbang 100 ml disinfektan di Tebet

Botol bantuan cairan disinfektan sumbangan anggota DPRD DKI Jakarta untuk warga RT 05 RW 12, Kelurahan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (5/4/2020) (ANTARA/HO-RT 05 RW 12 Kelurahan Menteng Dalam)

Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI -Perjuangan Panji Virgianto menyumbang 100 ml disinfektan per rukun tetangga (RT) di RW 012 Kelurahan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu.

Ketua RT 05 Heru Setiawan Putra mengatakan untuk kedua kalinya anggota DPRD tersebut memberikan bantuan penyemprotan disinfektan di RW 12.

"Rabu (2/4) kemarin dibantu penyemprotan juga sama anggota DPRD itu, tapi yang kebagian cuma tiga, sedangkan lainnya tidak kebagian, obatnya (disinfektan) keburu habis," kata Heru.

Lantaran Heru protes karena bantuan tersebut tidak sampai di wilayahnya, kali ini anggota DPRD tersebut memberikan bantuan cairan disinfektan berukuran 100 ml per RT.

Selain itu, anggota DPRD tersebut juga meminjamkan alat semprot (sprayer) berukuran 14 liter yang digunakan untuk menyemprot cairan disinfektan di tiap-tiap RT.

"Waktu itu saya protes, yang namanya bantuan harus adil dong, harusnya dibagi rata cairannya," kata Heru.

Heru menyebutkan sejak awal RT 05 sudah lebih dulu bergerak melakukan penyemprotan disinfektan dengan swadaya masyarakat.
Warga keliling lakukan penyemprotan disinfektan menggunaman 'misty fan' di RT 05 RW 12, Kelurahan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (5/4/2020) (ANTARA/HO-RT 05 RW 12 Kelurahan Menteng Dalam)

Kegiatan penyemprotan rutin dilakukan dua kali dalam sepekan yakni pada Rabu dan Minggu. Dalam sekali semprot bisa menghabiskan 1 liter disinfektan yang sudah dicampur air sekitar 20 sampai dengan 30 liter.

Penyemprotan dilakukan oleh warga secara bergotong royong. RT 05 Kelurahan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet, dihuni sekitar 60 kepala keluarga dengan jumlah jiwa sekitar 300 orang.

Baca juga: 1.788 titik di Jakarta didisinfeksi

Baca juga: Rutan Polrestro Jakbar didisinfeksi untuk cegah COVID-19

Baca juga: Warga Menteng Dalam manfaatkan 'Misty Fan' jadi disinfektan 'mobile'


Sebagai RT, Heru aktif mengalang donasi dari sejumlah pihak termasuk para anggota dewan yang dikenalnya dan swasta.

Tidak hanya itu, Heru juga menggerakkan warga untuk sama-sama menjaga lingkungan, memberlakukan pembatasan bagi pengunjung, setiap warga yang masuk lingkungan RT 05 wajib diukur suhu tubuh, mencuci tangan yang disediakan di pos pantau RT 05.

"Alhamdulillah, di wilayah RT 05 belum ada warga yang positif, ODP maupun PDP," kata Heru.

Heru juga berterimakasih kepada pihak-pihak yang peduli memberikan bantuan kepada warga dalam melawan pademi virus corona jenis baru COVID-19.


Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar