Satgas Pangan: 250 ribu ton gula segera didistribusikan ke masyarakat

id Daniel tahi monang silitonga,Gula,Satgas pangan,gula rafinasi, gula impor

Satgas Pangan: 250 ribu ton gula segera didistribusikan ke masyarakat

Kepala Satgas P‎angan Polri Brigjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga (tengah). (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Satgas Pangan Polri Brigjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga mengatakan bahwa sebanyak 250 ribu ton gula saat ini sedang diolah dari gula rafinasi menjadi gula konsumsi di beberapa pabrik gula di Indonesia.

Daniel merinci sejumlah pabrik gula tersebut ada di empat lokasi yakni Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Medan, Sumatera Utara.

"Sedang digiling oleh pabrik-pabrik gula, dari raw sugar menjadi gula konsumsi. (Pabriknya) di Jateng, Jatim, Medan dan ada juga di Jakarta," kata Brigjen Daniel saat dihubungi ANTARA, di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Bareskrim periksa 10 saksi kasus TPPU bos Gulaku

Pihaknya menargetkan, dalam pekan ini pasokan gula tersebut diharapkan sudah bisa didistribusikan ke ritel-ritel modern dan pasar-pasar tradisional guna memenuhi kebutuhan gula di dalam negeri.

Konversi produk gula rafinasi menjadi gula konsumsi terus didorong sebagaimana Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1099/IV/HUK.7.1./2020 tertanggal 4 April 2020.

Salah satu poin yang dijabarkan di surat telegram tersebut adalah Polri mendorong pabrik gula rafinasi untuk memproduksi gula konsumsi demi mengatasi kelangkaan gula.

Selain itu, Polri terus mengawal distribusi bahan pokok dari gudang sampai ke pasar dan ke tangan konsumen.

Baca juga: Daftar hitam importir tidak hentikan pidana penyelundupan bawang

"Mengawal dan memastikan bahwa ketersediaan bahan-bahan pokok dan hal-hal yang menyangkut kebutuhan hidup masyarakat sehari-hari tetap terdistribusi dan tercukupi di lapangan," kata Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menambahkan.

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar