Di tengah situasi PSBB, alat komunikasi memegang peran penting
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan pemerintah harus menjamin alat komunikasi dan jaringan internet tetap berfungsi dengan baik selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta untuk mencegah penyebaran virus corona penyebab COVID-19.

"Di tengah situasi PSBB, alat komunikasi memegang peran penting. Walau tidak keluar dari rumah, ada banyak kegiatan yang masih bisa dikerjakan melalui internet," kata Saleh di Jakarta, Selasa.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan jaminan alat komunikasi dan jaringan internet tetap berfungsi baik akan mendorong masyarakat bisa tetap berkegiatan dan berkarya.

Selain diperlukan untuk mendukung sistem bekerja dari rumah, jaminan alat komunikasi dan jaringan internet berfungsi dengan baik juga diperlukan oleh siswa dan mahasiswa untuk belajar dan kuliah secara daring.

Baca juga: Legislator minta pemerintah perhatikan dampak PSBB pada masyarakat

Baca juga: Ombudsman DKI sarankan pembatasan mobilitas warga sesuai PSBB


"Selain untuk menjaga produktivitas, semua aktivitas yang diperlukan diharapkan dapat membuat semuanya betah tinggal di rumah," tuturnya.

Saleh memuji langkah pemerintah yang menetapkan status PSBB di DKI Jakarta untuk mencegah penyebaran virus corona yang lebih luas.

"Penerapan ini diharapkan dapat mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19. Agar bisa berjalan efektif, segala hal yang berkaitan harus dipersiapkan dengan baik," katanya.

Menurut Saleh, pemerintah harus tegas dan konsisten menegakkan aturan. Aparat keamanan harus memberikan sanksi tegas terhadap pelanggar PSBB agar memberikan efek jera dan ketaatan tetapi dengan pendekatan yang humanis. 

Baca juga: Pakar sarankan pemerintah tetapkan PSBB agresif berskala nasional

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020