TNI-Polri salurkan 4.000 makanan untuk masyarakat terdampak COVID-19

id TNI-Polri,bagikan makanan,maluku utara,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

TNI-Polri salurkan 4.000 makanan untuk masyarakat terdampak COVID-19

Kapolda Malut, Brigjen Pol Rikwanto bersama Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto mengecek dapur lapangan yang menyalurkan sebanyak 4.000 makanan ke masyarakat di Ternate. (antara/Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Polda Maluku Utara (Malut dan Korem 152/Babullah bersinergi dalam menyikapi masalah sosial di masyarakat terkhusus masyarakat terdampak pandemi virus COVID-19 dengan membuat dapur lapangan dengan menyalurkan sebanyak 4.000 makanan.

"Penyaluran makanan ini diberikan kepada masyarakat secara gratis dan berkelanjutan yang bertempat di Lapangan Perikanan Bastiong," kata Kapolda Malut, Brigjen Pol Drs Rikwanto di Ternate, Minggu.

Menurut dia, pelibatan Bhabinkamtibmas dan Babinsa merupakan bentuk kehadiran Negara di tengah-tengah masyarakat serta kepedulian TNI-Polri terhadap bencana yang melanda Indonesia sehingga TNI-Polri membuka dapur lapangan yang juga merupakan program gugus tugas COVID-19 Provinsi Malut.

Baca juga: Seribuan aparat dikerahkan amankan PSBB di Makassar
Baca juga: Kodim 0501/Jakarta Pusat lakukan percepatan penanganan COVID-19


Dimana, dalam pelaksanaan pendistribusian makanan dilaksanakan secara door to door di rumah masyarakat terdampak yang sudah di data setiap kelurahan untuk menghindari adanya kerumunan massa.

Kapolda Malut menjelaskan, makanan yang didistribusikan berupa makanan bungkus untuk masyarakat terdampak COVID-19 sebanyak 1.000 bungkus setiap harinya yang akan dibagikan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa sesuai dengan wilayahnya masing-masing.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19, mengatasi dampak sosial yang timbul di masyarakat, serta kepedulian Pemerintah kepada masyarakat yang terdampak. Dan kegiatan sosial pembukaan Dapur lapangan TNI-POLRI ini juga merupakan program kerja gugus Covid-19 Maluku Utara”. Tambahnya

Pendistribusian makanan direncanakan hingga tanggal 29 Mei 2020 dan untuk pendistribusian pada bulan Ramadhan mendatang dilaksanakan sebagai menu buka puasa.

"Pekerjaan memasak pada Dapur Lapangan ini dilakukan oleh anggota TNI-POLRI yang juga dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Malut," ujarnya.

Bahkan, setiap harinya akan didistribusikan 1.000 bungkus makanan, dan akan ditambah apabila ada permintaan lebih, semoga hal ini dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat terdampak COVID-19 di Malut.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Malut AKBP Adip Rodjikan dihubungi menambahkan, sampai dengan hari minggu (19/04) Dapur lapangan telah membagikan 4.000 makanan, dan akan berlanjut sampai dengan 29 Mei mendatang.

Sebelumnya, Kapolda Malut bersama Danrem 152/Babullah Kolonel Inf. Endro Satoto, S.Ip., M.M, beserta Ketua DPRD Malut Kuntu Daud, Kabinda Malut Brigjen TNI Dudy Fristiyanto, S.Ap, M.Ap, Kajati Malut Andi Herman, SH, MH, Kepala dinas ESDM Malut Hasyim Daeng Barang, S.STP., M.Si, dan PJU Polda Malut telah melepas Pasukan kemanusiaan yang terdiri dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa jajaran Polda Maluku Utara dan Korem 152/Babullah untuk menyalurkan makanan bungkus kepada masyarakat terdampak pandemi virus COVID-19 di masing-masing kelurahan binaannya.

Sementara itu, Sekprov Malut, Samsuddin A Kadir ketika dihubungi terpisah menyatakan, untuk pemenuhan peralatan, Pemprov Malut mendukung langkah TNI/Polri siapkan dapur umum, sehingga Pemprov Malut menyiapkan dana Rp300 juta untuk tambahan selama 10 hari.

Baca juga: Kalteng terima 3.000 APD diangkut menggunakan pesawat TNI AU
Baca juga: 366 personel selesaikan pendidikan Semata PK TNI-AU

Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar