Jangan lupa shalat, beribadah untuk menenangkan hati dan pikiran. Kelola stres sehingga daya tahan tubuh terjaga
Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau menyatakan puasa Ramadhan menjadi kesempatan baik bagi warga setempat untuk memperkuat kesadaran penerapan perilaku hidup sehat.

"Hal ini sebagai salah satu langkah pencegahan dari tertular COVID-19 serta sebagai langkah agar selama puasa di Bulan Ramadan tubuh tetap fit dan kesehatan terjaga," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam di Tanjungpinang, Minggu.

Kiat-kiat yang direkomendasikan Rustam kepada warga untuk menjalani puasa Ramadan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, mulai dengan sering mencuci tangan yang benar menggunakan sabun dan air yang mengalir.

Selain itu, katanya, pemakaian cairan pembersih tangan, menghindari kontak langsung dan melakukan pembatasan sosial serta fisik. "Kalau terpaksa kontak, jaga jarak minimal 1,5 meter,” kata dia.

Baca juga: Jaga pola makan seimbang saat jalani puasa di tengah pandemi corona

Rustam juga terus mengampanyekan kepada masyarakat agar memakai masker setiap keluar rumah dan cuci masker setiap habis digunakan dengan sabun, perendaman minimal 10 menit.

“Lebih banyak di rumah, kecuali ada kegiatan yang penting serta tidak menyentuh area muka sebelum yakin tangan sudah bersih,” katanya.

Untuk menjaga kebugaran tubuh selama menjalankan puasa, Rustam merekomendasikan masyarakat beristirahat yang cukup, melakukan olahraga secara teratur, dan menjaga kebersihan gigi serta mulut.

“Pastikan selalu makan sahur yang bergizi seimbang. Hindari tidur selepas sahur, jangan makan berlebihan ketika berbuka, cukupi kebutuhan harian cairan tubuh,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat menghindari menyantap makanan yang terlalu manis, asin, dan berlemak, serta melakukan aktivitas positif.

“Jangan lupa shalat, beribadah untuk menenangkan hati dan pikiran. Kelola stres sehingga daya tahan tubuh terjaga," katanya.

Baca juga: Agar tubuh tetap fit saat puasa di cuaca panas

Pewarta: Ogen
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020